KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMAHAMI BAHAN AJAR MUATAN LOKAL UPACARA TABOT BENGKULU DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 52 KOTA BENGKULU

Gultom, Camelia and Anggraini, Dwi and Lusa, Herman (2017) KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMAHAMI BAHAN AJAR MUATAN LOKAL UPACARA TABOT BENGKULU DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 52 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, UNIVERSITAS BENGKULU.

[img] Archive (TESIS)
Skripsi Camelia Gultom (A1G013124).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam memahami bahan ajar Muatan Lokal upacara Tabot Bengkulu di kelas V Sekolah Dasar Negeri 52 Kota Bengkulu pada 3 aspek hasil belajar, yaitu aspek kecakapan akademik (kognitif), sikap (afektif), dan keterampilan (psikomotor). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan teknik persentase. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VB SDN 52 Kota Bengkulu tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 25 siswa. Sampel ditentukan dengan teknik cluter random sampling pada populasi. Instrument penelitian menggunakan lembar tes. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar yang disesuaikan dengan nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) mata pelajaran Muatan Lokal yang berlaku di SDN 52 Kota Bengkulu, yakni sebesar 67. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa kelas VB SDN 52 Kota Bengkulu belum mampu memahami bahan ajar Muatan Lokal upacara Tabot Bengkulu dengan rata-rata 73,33% dan jika dilihat dari ketuntasan belajar, siswa kelas VB SDN 52 Kota Bengkulu belum tuntas karena berdasarkan penilaian acuan patokan siswa dinyatakan tuntas apabila mendapatkan nilai lebih besar atau sama dengan 67 sebanyak 75-80%. Rincian perolehan hasil penelitian pada aspek kecakapan akademik sebanyak 19 siswa (76%) mampu memahami bahan ajar Muatan Lokal upacara Tabot Bengkulu, sebanyak 19 siswa (76%) mampu memiliki sikap rasa ingin tahu dan peduli dan sebanyak 17 siswa (68%) mampu memiliki keterampilan dalam membuat miniatur tabot.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 022 Lili Haryanti
Date Deposited: 15 Nov 2017 03:04
Last Modified: 15 Nov 2017 03:04
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14617

Actions (login required)

View Item View Item