MOTIVASI PETANI KOPI MELAKUKAN DIVERSIFIKASI SUMBER PENDAPATAN RUMAH TANGGA(Studi Kasus Di Desa Talang Donok Kecamatan Topos Kabupaten Lebong)

Heri, Angga Yonki Pratama and Putri, Suci Asriani and Ellys, Yuliarti (2021) MOTIVASI PETANI KOPI MELAKUKAN DIVERSIFIKASI SUMBER PENDAPATAN RUMAH TANGGA(Studi Kasus Di Desa Talang Donok Kecamatan Topos Kabupaten Lebong). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
Skripsi Heri Angga Yonki Pratama.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Petani yang ada di Desa Talang Donok Kecamatan Topos Kabupaten Lebong merupakan petani yang melakukan kegiatan diversifikasi sumber pendapatan rumah tangga, dimana petani merasa bahwa pendapatan dari usahatani kopi yang dilakukan kurang mencukupi kebutuhan rumah tangga petani. Sehingga petani tidak hanya mengandalkan penghasilan dari usahatani kopi saja tetapi petani juga melakukan usahatani di luar usahatani kopi dan juga non pertanian untuk mencukupi kebutuhan rumah tangganya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar tingkat diversifikasi sumber pendapatan rumah tangga petani kopi, kemudian untuk mengetahui seberapa besar tingkat motivasi petani kopi dalam melakukan diversifikasi sumber pendapatan rumah tangga, serta faktor-faktor apa saja yang berhubungan dengan motivasi petani kopi melakukan diversifikasi sumber pendapatan rumah tangga. Penelitian dilakukan di Desa Talang Donok Kecamatan Topos Kabupaten Lebong pada bulan Januari sampai Februari 2020, dimana lokasi ditentukan secara sengaja (purposive). Dalam penelitian ini penentuan responden dilakukan secara simple random sampling dengan menggunakan rumus slovin yaitu didapatkan hasil sebanyak 60 rumah tangga petani kopi. Analisis data yang digunakan adalah indeks diversifikasi dan analisis rank spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat diversifikasi sumber pendapatan rumah tangga petani kopi di Desa Talang Donok Kecamatan Topos Kabupaten Lebong terbilang beragam, karena selain mengandalkan sumber pendapatan dari usahatani kopi petani juga mendapatkan sumber pendapatan dari sektor lain yaitu usahatani cabai dan usahatani padi sawah serta pendapatan dari non pertanian dengan indeks rata-rata diversifikasi sumber pendapatan rumah tangga petani kopi di Desa Talang Donok Kecamatan Topos Kabupaten Lebong adalah 2 atau dalam kategori sedang, dimana menunjukkan bahwa rumah tangga petani kopi di Desa Talang Donok Kecamatan Topos Kabupaten Lebong tidak tergantung pada satu sumber pendapatan. Tingkat motivasi petani kopi di Desa Talang Donok Kecamatan Topos Kabupaten Lebong dalam melakukan diversifikasi sumber pendapatan rumah tangga adalah tinggi dengan rata-rata sebesar 133,48, Dimana aspek kebutuhan fisiologis, kebutuhan rasa aman, kebutuhan sosial, kebutuhan penghargaan dan kebutuhan aktualisasi diri mendorong petani untuk melakukan diversifikasi sumber pendapatan rumah tangga. Faktor-faktor yang berhubungan dengan motivasi petani kopi dalam melakukan diversifikasi sumber pendapatan rumah tangga di Desa Talang Donok Kecamatan Topos Kabupaten Lebong yaitu harga jual kopi, intensitas penyuluhan dan ketersediaan saprodi. Untuk harga jual kopi dan ketersediaan saprodi memiliki tingkat keeratan hubungan yang rendah dan searah sedangkan untuk intensitas penyuluhan memiliki tingkat keeratan hubungan yang rendah dan berlawanan arah. Kata Kunci : Petani Kopi, Diversifikasi sumber pendapatan dan Motivasi petani kopi.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 24 Aug 2023 02:11
Last Modified: 24 Aug 2023 02:11
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14618

Actions (login required)

View Item View Item