Youllanda, Wahyu and Rosane, Medriati (2020) HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DENGAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL INKUIRI TERBIMBING PADA KELAS X MIPA SMA N 4 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
SKRIPSI WAHYU YOULLANDA.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemampuan berpikir kritis dengan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran inkuiri di SMA Negeri 4 Kota Bengkulu tahun pelajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan populasi seluruh kelas X MIPA SMA N 4 Kota Bengkulu,sebanyak 5 kelas.Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 1 kelas,yaitu kelas X MIPA 2 sebagai kelas yang diberi perlakuan menggunakan model inkuiri terbimbing. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan pretest-postest sebanyak 3 butir soal berbentuk uraian setiap pertemuan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis,dan 4 butir soal berbentuk uraian untuk mengukur hasil belajar siswa.Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi korelasi dengan α 0,05. Hasil penelitian,analisis data dan pengujian hipotesis menunjukkan bahwa ada korelasi positif antara kemampuan berpikir kritis dengan hasil belajar mahasiswa melalui model inkuiri terbimbing pada kelas X MIPA SMA N 4 Kota Bengkulu yaitu 0,607 yang berada pada kategori tinggi dan besarnya hubungan yang diperoleh yaitu 36,89%. Kata Kunci: inkuiri terbimbing, kemampuan berpikir kritis, hasil belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Physic Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 24 Aug 2023 06:36 |
Last Modified: | 24 Aug 2023 06:36 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14619 |
Actions (login required)
View Item |