HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DENGAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL INKUIRI TERBIMBING PADA KELAS X MIPA SMA N 4 KOTA BENGKULU

Youllanda, Wahyu and Rosane, Medriati (2020) HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DENGAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL INKUIRI TERBIMBING PADA KELAS X MIPA SMA N 4 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI WAHYU YOULLANDA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemampuan berpikir kritis dengan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran inkuiri di SMA Negeri 4 Kota Bengkulu tahun pelajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan populasi seluruh kelas X MIPA SMA N 4 Kota Bengkulu,sebanyak 5 kelas.Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 1 kelas,yaitu kelas X MIPA 2 sebagai kelas yang diberi perlakuan menggunakan model inkuiri terbimbing. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan pretest-postest sebanyak 3 butir soal berbentuk uraian setiap pertemuan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis,dan 4 butir soal berbentuk uraian untuk mengukur hasil belajar siswa.Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi korelasi dengan α 0,05. Hasil penelitian,analisis data dan pengujian hipotesis menunjukkan bahwa ada korelasi positif antara kemampuan berpikir kritis dengan hasil belajar mahasiswa melalui model inkuiri terbimbing pada kelas X MIPA SMA N 4 Kota Bengkulu yaitu 0,607 yang berada pada kategori tinggi dan besarnya hubungan yang diperoleh yaitu 36,89%. Kata Kunci: inkuiri terbimbing, kemampuan berpikir kritis, hasil belajar

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 24 Aug 2023 06:36
Last Modified: 24 Aug 2023 06:36
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14619

Actions (login required)

View Item View Item