PELAKSANAAN PERJANJIAN PENGANGKUTAN KELAPA SAWIT ANTARA PT. MUTIARA SAWIT SELUMA DENGAN PEMILIK TRUK PENGANGKUT DI KECAMATAN SEMIDANG ALAS KABUPATEN SELUMA

AISYAH, FELIYA N.S. and Edi, Hermansyah and Ganefi, Ganefi (2022) PELAKSANAAN PERJANJIAN PENGANGKUTAN KELAPA SAWIT ANTARA PT. MUTIARA SAWIT SELUMA DENGAN PEMILIK TRUK PENGANGKUT DI KECAMATAN SEMIDANG ALAS KABUPATEN SELUMA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI AISYAH FELIYA N.S. B1A017100.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji mengenai pelaksanaan perjanjian pengangkutan Kelapa Sawit antara PT. Mutiara Sawit Seluma dengan Pemilik Truk Pengangkut di kecamatan Semidang Alas kabupaten Seluma. Jenis penelitian yang digunakan empiris dengan pendekatan deskriptif, dengan populasi PT. Mutiara Sawit Seluma dan Pemilik Truk Pengangkut sedangkan penentuan sampel menggunakan dua metode yakni purposive sampling dan random sampling, data yang digunakan data primer dan data sekunder, yang kemudian data dikumpulkan dan dikelompokkan serta diklasifikasikan menurut pokok bahasan, selanjutnya diteliti dan diperiksa kembali melalui tahapan pemeriksaan data, lalu diolah dalam bentuk analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pelaksanan perjanjian pengangkutan Kelapa Sawit antara kedua belah pihak tidak terjadi sesuai dengan isi perjanjian dikarenakan pihak Pemilik Truk Pengangkut dalam melaksanakan pengangkutan Kelapa Sawit melakukan pelanggaran dengan sengaja berupa pengangkutan brondolan Kelapa Sawit keluar areal perkebunan, seringkali mengalami keterlambatan pengangkutan Kelapa Sawit, dan penetapan perubahan jarak lokasi pengangkutan Kelapa Sawit oleh pihak PT. Mutiara Sawit Seluma. (2) Penyelesaian sengketa penurunan pembayaran biaya angkut yang timbul antara kedua belah pihak sepakat dipilih jalur non litigasi sesuai dengan isi perjanjian yang telah disepakati melalui musyawarah.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: irma rohayu
Date Deposited: 24 Aug 2023 02:41
Last Modified: 24 Aug 2023 02:41
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14626

Actions (login required)

View Item View Item