FAKTOR- FAKTOR PRODUKSI DAN PENDAPATAN USAHATANI NILAM DI DESA ROBA JULU KECAMATAN LEMBAH MELINTANG KABUPATEN PASAMAN BARAT

Nurfaidah, Nurfaidah and Satria, Putra Utama and Melli, Suryanty (2021) FAKTOR- FAKTOR PRODUKSI DAN PENDAPATAN USAHATANI NILAM DI DESA ROBA JULU KECAMATAN LEMBAH MELINTANG KABUPATEN PASAMAN BARAT. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI NURFAIDAH (E1D06026).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Provinsi Sumatera Barat merupakan salah satu wilayah yang banyak mengusahakan tanaman nilam di Pulau Sumatera dan Kabupaten Pasaman Barat sebagai salah satu sentra tanaman nilam tersebut. Luas tanaman nilam di Kabupaten Pasaman Barat yaitu 2.363 Ha dengan produksi sebesar 161,64 ton pada tahun 2019. Secara ekonomi di Kabupaten Pasaman Barat, nilam merupakan salah satu komoditas yang sangat menjanjikan. Sementara dari segi social masyarakatnya sudah sejak lama dan turun temurun mengenal dan sampai sekarang masih mempunyai minat yang tinggi terhadap usaha budidaya dan penyulingan nilam. Jika dilihat secara ekologis pun kondisi nya sesuai untuk pengembangan nilam. Akan tetapi secara teknis, teknik budidaya dan penyulingan nilam selama ini dilakukan masih secara tradisional. Setiap kecamatan yang ada di Kabupaten Pasaman Barat berpotensi untuk pengembangan usahatani nilam, salah satunya Kecamatan Lembah melintang (BPS, 2019). Di dalam Kecamatan Lembah Melintang terdiri dari beberapa desa, salah satunya adalah desa Roba Julu. Desa Roba Julu Sebagian besar masyarakatnya berprofesi sebagai petani nilam. Nilam merupakan salah satu tanaman yang sudah lama ditanam oleh masyarakat Roba Julu dan menjadi salah satu komoditi yang dapat membantu perekonomian masyarakat tersebut. Tujuan penelitian ini untuk: (1) mengetahui faktor- faktor produksi usahatani nilam di Desa Roba Julu Kecamatan Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat dan (2) menganalisis pendapatan usahatani nilam di Desa Roba Julu Kecamatan Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat. Penelitian dilakukan secara sengaja (purposive), yaitu di Desa Roba Julu Kecamatan lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan data skunder. Populasi dalam penelitian ini adalah petani yang memiliki usahatani nilam di Desa Roba Julu Kecamatan lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat. Penentuan responden untuk petani dilakukan dengan secara sensus yaitu semua petani nilam di Desa Roba Julu diambil sebagai responden. Berdasarkan survey jumlah petani nilam di Desa Roba Julu sebanyak 40 orang. Alat analisis yang digunakan untuk faktor- faktor produksi menggunakan analisis cobb douglas dan alat analisis untuk pendapatan menggunakan analisis pendapatan. Hasil penelitian menunjukkan faktor- faktor yang mempengaruhi produksi usahatani nilam di Desa Roba Julu Kecamatan Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat yang berpengaruh adalah luas lahan dan bibit,sedangkan faktor produksi yang tidak berpengaruh adalahpupuk Urea, pupuk NPK, tenaga kerja dalam keluarga pria dan tenaga kerja dalam wanita. Pendapatan usahatani nilam di Desa Roba Julu Kecamatan Lembah Melintang Kabupaten Pasaman barat adalah rata- ratanya sebesar Rp 13.192.840/ Musim tanam/ Hektar.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 24 Aug 2023 02:54
Last Modified: 24 Aug 2023 02:54
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14628

Actions (login required)

View Item View Item