KAJIAN PERATURAN OJK NOMOR 48 TAHUN 2020 TENTANG STIMULUS PEREKONOMIAN NASIONAL SEBAGAI KEBIJAKAN COUNTERCYCLICAL DAMPAK PENYEBARAN COVID-19 DALAM PENYELESAIAN PEMBIAYAAN MACET

Alisa, Riane Putri and Tito, sofyan and Edi, Hermansyah (2022) KAJIAN PERATURAN OJK NOMOR 48 TAHUN 2020 TENTANG STIMULUS PEREKONOMIAN NASIONAL SEBAGAI KEBIJAKAN COUNTERCYCLICAL DAMPAK PENYEBARAN COVID-19 DALAM PENYELESAIAN PEMBIAYAAN MACET. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI - Alisa Riane Putri after sidang.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Pandemi covid-19 mengakibatkan kondisi perekonomian Indonesia mengalami pengaruh signifikan yang berdampak pada sektor ekonomi yaitu UMKM. Untuk memulihkan sektor ekonomi dan perbankan maka OJK mengeluarkan Peraturan OJK Nomor 48 Tahun 2020 Tentang Stimulus Perekonomian Nasional Sebagai Kebijakan Countercyclical Dampak Penyebaran covid-19 yang merupakan kebijakan restrukturisasi pembiayaan bagi para pelaku UMKM yang terdampak Covid-19. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui kajian terhadap Peraturan OJK Nomor 48 Tahun 2020 Tentang Stimulus Perekonomian Nasional Sebagai Kebijakan Countercyclical Dampak Penyebaran covid-19 dalam penyelesaian pembiayaan macet serta mengetahui kendala dalam mengimplementasikan Peraturan OJK Nomor 48 Tahun 2020 Tentang Stimulus Perekonomian Nasional Sebagai Kebijakan Countercyclical Dampak Penyebaran covid-19. Prosedur pengumpulan bahan hukum yaitu menggunakan studi kepustakaan. Hasil yang didapat dari penelitian bahwa kajian terhadap Peraturan OJK terkait dengan penyelesaian pembiayaan macet di masa covid-19 berjalan lancar dengan memberikan keringanan dengan cara memperpanjang masa angsuran atau dengan mekanisme memperpanjang tanggal jatuh tempo, kendala dalam menerapkan Peraturan OJK terkait dengan penyelesaian pembiayaan macet di masa covid-19 disebabkan oleh kurangnya pemahaman debitur UMKM dan kreditur kurang selektif dalam menyeleksi debitur yang memang benar terdampak covid-19.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: irma rohayu
Date Deposited: 24 Aug 2023 02:51
Last Modified: 24 Aug 2023 02:51
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14630

Actions (login required)

View Item View Item