PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM BERBASIS PENDEKATAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATICS) PADA MATERI LARUTAN ASAM DAN BASA

Sari, Aprilia Erina and Hermansyah, Amir (2020) PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM BERBASIS PENDEKATAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATICS) PADA MATERI LARUTAN ASAM DAN BASA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKIRPSI APRILIA ERINA SARI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan respon siswa terhadap penuntun praktikum kimia berbasis pendekatan STEM (Science, Technology, Enginering and Mtathematic) pada materi larutan asam dan basa. Penelitian dan pengembangan ini diadaptasi dari model pengembangan menurut Sugiyono. Data penilaian ini diperoleh dari hasil wawancara, angket validasi materi dan media, angket keterbacaan dan respon siswa pada uji pemakaian produk. Hasil validasi ahli materi dan media didapatkan bahwa penuntun praktikum kimia berbasis pendekatan STEM yang dikembangkan diperoleh skor rata- rata 3.66 sedangkan validasi media diproleh nilai rata-rata 4.1 yang berada pada rentang nilai 3,4  V < 4,2 termasuk dalam klasifikasi valid. Pada uji keterbacaan produk diproleh skor rata-rata 4.3 yang termasuk dalam klasifikasi sangat menarik. Uji pemakaian produk untuk mengetahui respon siswa terhadap penuntun praktikum praktikum kimia berbasis pendekatan STEM yang dikembangkan diproleh rata-rata sebesar 3.8 yang termasuk dalam klasifikasi menarik. Kata kunci : Penelitian dan Pengembangan, Penuntun Praktikum Kimia, Berbasis Pendekatan STEM larutan asam dan basa.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 24 Aug 2023 06:37
Last Modified: 24 Aug 2023 06:37
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14632

Actions (login required)

View Item View Item