ANALISIS HUKUM TERHADAP PEMBATALAN WAKAF ATAS TANAH DI BAWAH TANGAN PADA PUTUSAN PENGADILAN AGAMA NOMOR 0115/PDT.G/2019/PA.PRINGSEWU

Adrian, Giffari Fadilla and Sirman, Dahwal and Joko, Susetyanto (2022) ANALISIS HUKUM TERHADAP PEMBATALAN WAKAF ATAS TANAH DI BAWAH TANGAN PADA PUTUSAN PENGADILAN AGAMA NOMOR 0115/PDT.G/2019/PA.PRINGSEWU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Wakaf merupakan ibadah dalam bentuk shadaqah yang sangat banyak manfaatnya bagi kepentingan sosial kemasyarakatan. Wakaf yang berfungsi untuk kepentingan umat dalam rangka pengabdian kepada Allah Swt. Pemberian wakaf yang terjadi di Desa Pamenang I, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Tanggamus (sekarang Kabupaten Pringsewu), Provinsi Lampung, tepatnya di Yayasan Majelis At-Turots Al Islamy telah terjadi pemberian wakaf dibawah tangan berupa sebidang tanah untuk pembuatan pondok pesantren. Pemberian wakaf tersebut dipermasalahkan oleh ketua Yayasan Majelis At-Turots Al Islamy karena wakif (pemberi wakaf) tidak menepati janjinya untuk melaksanakan pembuatan Akta Ikrar Wakaf sebagai legalistas pemberian wakaf yang ternyata wakif telah mewakafkan kembali tanah yang menjadi objek wakaf tersebut kepada pihak lain. Permasalah yang menjadi fokus kajian dalam tesis ini adalah, Bagaimana akibat hukum atas pelaksanaan pemberian wakaf atas tanah yang dibuat dibawah tangan dan Apakah pertimbangan dan putusan hakim terhadap pembatalan wakaf berdasarkan Putusan Pengadilan Agama Nomor 0115/Pdt.G/2019/PA.Pringsewu sudah sesuai dengan peraturan perwakafan yang berlaku menurut hukum positif di Indonesia . Penelitian hukum ini bersifat yuridis normatif dengan bentuk penelitian desktriptif evaluatif untuk menggambarkan dan menjelaskan konsep dasar tentang wakaf dan pengaturan pemberian wakaf hingga terbitnya akta ikrar wakaf. Penelitian ini menggunakan pendekatan perundang-undangan, pendekatan kasus dan pendekatan konseptual. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa praktik wakaf dianggap sah jika telah memenuhi unsur, prosedur dan tata cara serta tertuang dalam Akta Otentik berupa Akta Ikrar Wakaf yang pada prinsipnya adalah sesuatu alat bukti surat yang memiliki tujuan dan fungsi untuk mendapatkan manfaat dengan apa yang diwakafkan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: irma rohayu
Date Deposited: 24 Aug 2023 03:08
Last Modified: 24 Aug 2023 03:08
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14638

Actions (login required)

View Item View Item