EFEKTIVITAS BERBAGAI JENIS SULUR DAN PEMBERIAN KONSENTRASI ZPT AUKSIN PADA PERTUMBUHAN CABE JAWA (Piper retrofractum Vahl.)

Agustian, Efendi and Entang, Inoriah Sukarjo and Hermansyah, Hermansyah (2021) EFEKTIVITAS BERBAGAI JENIS SULUR DAN PEMBERIAN KONSENTRASI ZPT AUKSIN PADA PERTUMBUHAN CABE JAWA (Piper retrofractum Vahl.). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI AGUSTIAN EFENDI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Cabe jawa (Piper retrofractum Vahl.) merupakan salah satu tanaman obat yang memiliki nilai ekonomis tinggi dan sangat diminati di pasar internasional karena memilki banyak manfaat. Oleh karena itu perlu dikembangkan budidaya cabe jawa yang baik untuk meningkatkan produktifitas tanaman cabe jawa diantara dengan memperbaiki pembibitan tanaman cabe jawa secara vegetatif dengan menggunakan jenis sulur dan didukung dengan penggunaan zat pengatur tumbuh. Pemilihan jenis sulur dan penggunaan zat pengatur tumbuh perlu dilakukan untuk meningkatkan persentase pertumbuhan terbaik cabe jawa yang unggul. Penelitian ini bertujuan menentukan interaksi jenis sulur dengan konsentrasi zat pengatur tumbuh yang terbaik terhahadap pertumbuhan cabe jawa, menentukan jenis sulur yang terbaik terhadap pertumbuhan cabe jawa, dan menentukan konsentrasi terbaik terhadap pertumbuhan cabe jawa. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni 2020 sampai September 2020, bertempat di Medan Baru, Kelurahan Kandang Limun, Kecamatan Muara Bangkahulu, Kota Bengkulu pada ketinggian ± 10 mdpl. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok Lengkap (RAKL) yang terdiri dari dua faktor perlakuan. Faktor pertama yaitu jenis sulur cabe jawa yang terdiri dari sulur tanah, sulur panjat, sulur produktif dan faktor kedua konsentrasi zat pengatur tumbuh auksin yang terdiri dari 0 mg/L, 100 mg/L, 200 mg/L, 300 mg/L. Hasil penelitian menunjukkan terdapat interaksi antara kombinasi jenis sulur dan pemberian konsentrasi zat pengatur tumbuh pada variabel jumlah tunas. Zat pengatur tumbuh tidak berpengaruh nyata terhadap sulur tanah, sulur panjat dan sulur produktif. Sulur tanah menghasilkan rata-rata lebih unggul dibandingkan dengan sulur panjat dan sulur produktif.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agroecotechnology
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 24 Aug 2023 04:09
Last Modified: 24 Aug 2023 04:09
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14659

Actions (login required)

View Item View Item