PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY AND REPETITION (AIR) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MIPA 3 SMAN 1 BENGKULU TENGAH

Kurniawan, Muchlis Mawar Yuli and Amrul, Bahar and Wiwit, Wiwit (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY AND REPETITION (AIR) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MIPA 3 SMAN 1 BENGKULU TENGAH. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI MUCHLIS MAWAR YULI KURNIAWAN.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Auditory Intellectually and Repetition (AIR). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 3 yang berjumlah 31 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, dimana setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan tes dan lembar observasi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Auditory Intellectually and Repetition (AIR) mengalami peningkatan.Berikut data aktivitas dan hasil belajar siswa: untuk aktivitas siswa pada siklus I: 30 dengan kategori cukup, siklus II: 35 dengan kategori baik, dan siklus III: 37,5 dengan kategori baik. Hasil belajar siswa pada siklus I dengan nilai rata-rata sebesar 65, daya serap klasikal 81, 25%, dan ketuntasan belajar 66,67% termasuk kriteria belum tuntas. Pada siklus II dengan nilai rata-rata sebesar 77,31, daya serap klasikal 88,86%, dan ketuntasan belajar 72,41%. Pada siklus III dengan nilai rata-rata sebesar 81,87, daya serap klasikal 90,97% dan ketuntasan belajar 90,32% termasuk kriteria tuntas.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: 021 Nanik Rahmawati
Date Deposited: 15 Nov 2017 16:43
Last Modified: 15 Nov 2017 16:43
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14659

Actions (login required)

View Item View Item