ANALISIS MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI KESETIMBANGAN ION DALAM LARUTAN MENGGUNAKAN CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI)

Niqmah, Nurul and Nurhamidah, Nurhamidah (2020) ANALISIS MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI KESETIMBANGAN ION DALAM LARUTAN MENGGUNAKAN CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
skripsi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat miskonsepsi yang terjadi dan mengidentifikasi hal-hal penyebab miskonsepsi siswa kelas XI MIPA pada materi kesetimbangan ion dalam larutan di MAN 1 Kota Bengkulu Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari - Maret 2020. Metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakn purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI MIPA 1, MIPA 2, MIPA 3, dan MIPA 4. Instrumen yang digunakan berupa soal uraian yang disertai metode Certainty Of Response Index (CRI) dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis persentase miskonsepsi yang terjadi pada siswa secara keseluruhan yaitu sebesar 29,61%. Miksonsepsi yang tertinggi terjadi pada konsep penjelasan asam basa melalui percobaan titrasi sebesar 68,24% dan miskonsepsi terendah pada konsep menentukan kekuatan asam basa sebesar 9%. Berdasarkan hasil wawancara, penyebab miskonsepsi paling banyak berasal dari siswa seperti cara belajar siswa lebih banyak menghafal bukan memahami konsep, kemampuan siswa menganalisis dan mengaitkan konsep yang berhubungan masih lemah, serta kurangnya minat dan motivasi belajar siswa. Adapun faktor eksternal seperti kurangnya penekanan pada konsep tertentu, metode yang digunakan dan keterbatasan sumber belajar. Kata kunci: Miskonsepsi, penyebab miskonsepsi, Certainty of response index (CRI), asam basa, hidrolisis garam, larutan penyangga

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 24 Aug 2023 06:38
Last Modified: 24 Aug 2023 06:38
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14664

Actions (login required)

View Item View Item