PERTUMBUHAN DAN HASIL JAGUNG MANIS (Zea mays saccharata Sturt) SETELAH PEMBERIAN KOMBINASI UREA DAN VERMIKOMPOS SECARA BERIMBANG

Diega, Royan Simarmata and Marwanto, Marwanto and Sigit, Sudjatmiko (2021) PERTUMBUHAN DAN HASIL JAGUNG MANIS (Zea mays saccharata Sturt) SETELAH PEMBERIAN KOMBINASI UREA DAN VERMIKOMPOS SECARA BERIMBANG. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
Skripsi Diega Royan Simarmata_E1J015144.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Pertanian di Indonesia saat ini, sangat tergantung pada pemakaian pupuk anorganik dibandingkan dengan pupuk organik. Penggunaan pupuk anorganik dapat menyebabkan kerusakan kimia dan fisik tanah bila digunakan secara terus-menerus dalam jangka waktu yang lama. Penggunaan pupuk organik merupakan cara alternatif untuk mengurangi dampak tersebut. Pupuk organik menyediakan unsur hara secara perlahan dan masih dapat tersedia pada waktu lebih lama. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan dosis pemberian kombinasi urea dan vermikompos secara berimbang yang mampu meningkatkan pertumbuhan dan hasil jagung manis. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2019 hingga bulan Februari 2020 di Medan Baru Kecamatan Muara Bangkahulu, Kota Bengkulu, menggunakan Rancangan Acak Kelompok Lengkap (RAKL) dengan faktor tunggal, yaitu pupuk urea N dengan dikombinasikan dengan pupuk vermikompos dengan perlakuan, yaitu P0=100% N dari Urea + 0% N dari Vermikompos (300 kg urea/ha), P1=75% N dari Urea + 25% N dari Vermikompos (225 kg urea/ha + 2,5 ton vermikompos/ha), P2=50% N dari Urea + 50% N dari Vermikompos (150 kg urea/ha + 5 ton vermikompos/ha), P3=25 % N dari Urea + 75% N dari Vermikompos (75 kg urea/ha + 7,5 ton vermikompos/ha), dan P4=0% N dari Urea + 100% N dari Vermikompos (10 ton vermikompos/ha). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian kombinasi urea dan vermikompos dengan dosis 150 kg urea/ha + 5 ton vermikompos/ha menghasilkan tongkol dengan bobot 7,2 ton/ha, sama tingginya dengan pemberian 300 kg urea/ha secara tunggal dengan bobot tongkol 7,7 ton/ha. Pemberian kombinasi 225 kg urea/ha + 2,5 ton vermikompos/ha menghasilkan jagung manis dengan tingkat kemanisan tertinggi (10,6 Brix), lebih manis daripada perlakuan lainnya termasuk pemberian urea secara tunggal. Integrasi vermikompos dengan urea dapat mengurangi 50% dosis pupuk urea yang diberikan tanpa menurunkan pertumbuhan dan hasil jagung manis.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agroecotechnology
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 24 Aug 2023 04:19
Last Modified: 24 Aug 2023 04:19
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14665

Actions (login required)

View Item View Item