IDENTIFIKASI KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MEMAHAMI MATERI KESETIMBANGAN KIMIA

Yulianarti, Rada and Dewi, Handayani (2020) IDENTIFIKASI KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MEMAHAMI MATERI KESETIMBANGAN KIMIA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI RADA YULIANARTI_A1F016004.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesulitan belajar siswa menggunakan three-tier multiple choice diagnostic instrument dan untuk mengetahui faktor yang menyebabkan kesulitan belajar siswa dalam memahami materi kesetimbangan kimia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas XI MIPA SMAN 4 Kota Bengkulu dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 79 siswa. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes diagnostik three-tier multiple choice dengan 17 butir soal yang valid dari 25 soal yang diuji cobakan. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kesulitan belajar siswa pada materi kesetimbangan kimia tergolong dalam kategori sedang dengan persentase kesulitan secara keseluruhan sebesar 62,8%. Kesulitan belajar tertinggi terletak pada indikator menghitung derajat disosiasi dengan persentase 75,9% dan kesulitan belajar terendah terdapat pada indikator menjelaskan definisi reaksi reversible dan irreversible dengan persentase 33,33% . Faktor yang menyebabkan kesulitan belajar siswa pada materi kesetimbangan kimia diantaranya meliputi: tidak memahami materi prasyarat, cara belajar siswa dan metode mengajar guru. Kata Kunci: three-tier multiple choice, kesulitan belajar, kesetimbangan kimia

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 24 Aug 2023 06:38
Last Modified: 24 Aug 2023 06:38
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14668

Actions (login required)

View Item View Item