PERTUMBUHAN DAN HASIL JAGUNG (Zea mays L.) TERHADAP DOSIS PUPUK NITROGEN DAN PUPUK KANDANG AYAM PADA POLA TANAM BARIS GANDA

Neli, Apriza and Bambang, Gonggo Murcitro and Eko, Suprijono (2021) PERTUMBUHAN DAN HASIL JAGUNG (Zea mays L.) TERHADAP DOSIS PUPUK NITROGEN DAN PUPUK KANDANG AYAM PADA POLA TANAM BARIS GANDA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI RESMI NELI APRIZA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Jagung (Zea mays L.) merupakan salah satu komoditas pangan dan pakan yang sangat disukai oleh masyarakat karena jagung bisa dijadikan pangan alternatif pengganti padi. Biji jagung mengandung protein, karbohidrat, serat dan vitamin A serta vitamin E yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Penggunaan pupuk anorganik Nitrogen bertujuan untuk menambah unsur hara yang dibutuhkan tanaman dalam masa pertumbuhan. Penggunaan pupuk organik kotoran ayam dapat mengatasi dapak negatif penggunaan pupuk anorganik Nitrogen. Kelebihan dari pupuk organik kotoran ayam mampu memperbaiki sifat fisika, kimia maupun biologis tanah. Sehingga pemberian pupuk anorganik nitrogen dan pupuk organik kotoran ayam dapat meningkatkan pertumbuhan dan hasil tanaman jagung. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan dosis optimum pupuk nitrogen dan pupuk kandang ayam dalam meningkatkan pertumbuhan dan hasil tanaman jagung. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2019 sampai dengan bulan Februari 2020 di Kembang Seri, Bengkulu Tengah. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Kelompok Lengkap (RAKL) dengan dua faktor dan tiga ulangan. Faktor pertama pupuk nitrogen : 100 %; 125 %; dan 150 %. Dosis pupuk kandang ayam : 0 ton/ha; 10 ton/ha; dan 20 ton/ha. Data pengamatan dianalisis mengunakan Analisis of Variance (ANAVA) taraf 5%. Penelitian menyatakan dosis optimum pupuk Nitrogen dan pupuk Kandang ayam terdapat pada bobot kering tajuk tanaman jagung menggunakan pola tanam baris ganda. Pupuk Nitrogen belum diperoleh dosis optimum terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman jagung. Dosis pupuk kandang ayam 20 ton/ha bisa meningkatkan diameter batang dan bobot kering tanaman jagung pada pola tanam baris ganda.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agroecotechnology
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 24 Aug 2023 06:09
Last Modified: 24 Aug 2023 06:09
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14678

Actions (login required)

View Item View Item