RESPON PERTUMBUHAN DAN HASIL TIGA JAGUNG HIBRIDA TERHADAP PEMBERIAN BEBERAPA DOSIS KOMPOS TANDAN KOSONG KELAPA SAWIT PADA LAHAN PESISIR

Refta, Veronita and Rustikawati, Rustikawati and Bambang, Gonggo M. (2021) RESPON PERTUMBUHAN DAN HASIL TIGA JAGUNG HIBRIDA TERHADAP PEMBERIAN BEBERAPA DOSIS KOMPOS TANDAN KOSONG KELAPA SAWIT PADA LAHAN PESISIR. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI - Refta Veronita.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Jagung merupakan salah satu serealia yang strategis dan bernilai ekonomi serta mempunyai peluang untuk dikembangkan karena kedudukannya sebagai sumber karbohidrat dan protein. Selain berfungsi sebagai bahan pangan, jagung juga bisa digunakan untuk bahan pakan ternak serta bahan dasar industri seperti untuk makanan, minuman, tepung dan minyak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan dosis kompos TKKS yang optimal pada setiap jagung hibrida, mendapatkan varietas jagung hibrida yang menampilkan hasil yang tinggi dilahan pesisir, mendapatkan dosis kompos TKKS yang optimal untuk meningkatkan pertumbuhan dan hasil tanaman jagung hibrida di lahan pesisir. Penelitian telah dilaksanakan pada bulan Desember 2019 - Maret 2020. Lokasi penelitian di Kelurahan Beringin Raya, Sungai Hitam, Kecamatan Muara Bangkahulu, Kota Bengkulu, jarak lahan dengan pantai ±100 m. Penelitian ini menggunakan Rancangan Petak Terbagi (Split Plot) atas dasar rancangan dasar Rancangan Acak Kelompok Lengkap, yang terdiri atas 2 faktor dan 3 ulangan, sebagai petak utama (main plot) adalah pupuk kompos TKKS terdiri dari 3 taraf yaitu 0 ton/ha, 15 ton/ha, 30 ton/ha dan sebagai anak petak (sub plot) adalah varietas Jagung hibrida terdiri atas 3 yaitu CT34, CT19, Bisi 18. Pengamatan dilakukan pada tinggi tanaman, jumlah daun, panjang tongkol, diameter tongkol, bobot tongkol tanpa kelobot, jumlah biji, jumlah baris biji, bobot biji kering, bobot segar berangkasan, bobot kering berangkasan, bobot pupus dan bobot akar. Hasil penelitian menunjukkan respon 3 genotipe jagung hibrida terhadap perlakuan beberapa dosis kompos TKKS menunjukkan pengaruh yang tidak nyata. Pertumbuhan dan hasil 3 genotipe jagung hibrida berpengaruh nyata terhadap jumlah daun, bobot tongkol tanpa kelobot, jumlah biji, jumlah baris biji, bobot biji kering dan bobot segar berangkasan namun tidak berpengaruh nyata terhadap tinggi tanaman, panjang tongkol, diameter tongkol, bobot kering berangkasan, bobot pupus dan bobot akar.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agroecotechnology
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 24 Aug 2023 06:28
Last Modified: 24 Aug 2023 06:28
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14684

Actions (login required)

View Item View Item