PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK SMP NEGERI 7 KOTA BENGKULU

Chandra, Andralin Aderevi Agus and Rusdi, (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK SMP NEGERI 7 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
A1C016014_ANDRALIN ADEREVI AGUS CHANDRA_SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation pada materi bangun ruang sisi datar di SMP Negeri 7 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas peserta didik dan tes hasil belajar peserta didik dengan analisis deskriptif. Subjek penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII E tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 31 orang. Peningkatan aktivitas peserta didik siklus I sampai siklus II secara berturut-turut: 29,5 (kriteria cukup);35 (kriteria cukup). Peningkatan hasil belajar dapat dilakukan dengan cara : memberikan soal latihan, meminta peserta didik bertanya tentang kesulitan yang mereka hadapi, dan memberikan perhatian khusus. Peningkatan tersebut dilihat dari nilai rata-rata latihan dan tes hasil belajar peserta didik siklus I sampai siklus II yaitu 60,06 dan 67,09 Persentase ketuntasan belajar klasikal dari siklus I sampai siklus II yaitu 41,93% dan 70,09%. Peningkatan aktivitas belajar dapat dilakukan dengan cara : membuat lembar kerja peserta didik yang bersesuaian dengan langkah- langkah model pembelajaran Group Investigation, menggunakan alat-alat ataupun media-media bantu dalam pembelajaran, membentuk kelompok heterogen, melibatkan peserta didik secara aktif, dan memberi hukuman. Kata kunci: Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; Group Investigation.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 25 Aug 2023 07:10
Last Modified: 25 Aug 2023 07:10
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14696

Actions (login required)

View Item View Item