PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DI KELAS VIII.6 SMP NEGERI 4 KOTA BENGKULU

Tamara, Anisa and Syafdi, Maizora (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DI KELAS VIII.6 SMP NEGERI 4 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
A1C016009_ANISA TAMARA_SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar dan pemahaman konsep matematika dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.6 SMP Negeri 4 Kota Bengkulu tahun 2019/2020 yang terdiri dari 33 siswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas siswa dan lembar tes pemahaman konsep siswa. Penelitian ini menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dapat meningkatkan aktivitas belajar dan pemahaman konsep matematika siswa. Peningkatan aktivitas belajar siswa dapat dilihat dari rata-rata pada siklus I mencapai 21,5 (cukup aktif), dan pada siklus II meningkat menjadi 28,75 (aktif). Sedangkan Peningkatan pemahaman konsep matematika dapat dilihat dari nilai rata-rata pada siklus I mencapai yaitu 60,61 dan pada siklus II meningkat menjadi 76,62. Persentase ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus I sebesar 39,39% dan pada siklus II sebesar 63,64%. Keywords: Penelitian tindakan Kelas, Aktivitas Belajar, Pemahaman Konsep, Group Investigation.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 25 Aug 2023 07:25
Last Modified: 25 Aug 2023 07:25
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14700

Actions (login required)

View Item View Item