TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG PELAKSANAAN BAGI HASIL DALAM PENGELOLAAN KEBUN KELAPA SAWIT ANTARA PEMILIK KEBUN DAN PENGGARAP DI KECAMATAN PONDOK SUGUH KABUPATEN MUKOMUKO

Arif, Budiman and Hamdani, Maakir and Subanrio, Subanrio (2022) TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG PELAKSANAAN BAGI HASIL DALAM PENGELOLAAN KEBUN KELAPA SAWIT ANTARA PEMILIK KEBUN DAN PENGGARAP DI KECAMATAN PONDOK SUGUH KABUPATEN MUKOMUKO. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI ARIP terkini 07.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Tinjauan Hukum Islam Tentang Pelaksanaan Bagi Hasil Dalam Pengelolaan Kelapa Sawit Antara Pemilik Kebun Dan Penggarap Di Kecamatan Pondok Suguh Kabupaten Mukomuko. Penulisan penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan menggambarkan: (1) Untuk mengetahui dan menganalisis tentang perjanjian bagi hasil antara pemilik dengan penggarap kebun dalam pengelolaan kebun kelapa sawit di Kecamatan Pondok suguh Kabupaten Mukomuko dan (2) Untuk mengetahui dan menganalisis pandangan Hukum Islam terhadap perjanjian bagi hasil antara pemilik dengan penggarap dalam pengelolaan kebun kelapa sawit di Kecamtan Pondok suguh Kabupaten Mukomuko. Penelitian ini menggunakan metode penelitian empiris dengan pendekatan deskriptif kualitatif berupa pengumpulan informasi mengenai status suatu gejala yaitu keadaan gejala menurut apa adanya pada saat penelitian dilakukan. Dari penelitian ini didapatkan hasil yaitu: (1) Perjanjian Bagi Hasil antara Penggarap dengan Pemilik kebun Kelapa Sawit di Kecamatan Pondok Suguh Kabupaten Mukomuko tidak dilakukan dengan cara tertulis melainkan hanya dibuat secara lisan (2) Dalam melakukan perjanjian kerjasama antara Pemilik Kebun dengan Penggarap Kebun tersebut seringkali terjadi ingkar janji (wanprestasi) dalam suatu perjanjian. Namun dalam wanprestasi perjanjian tersebut terdapat proses penyelesaian suatu permasalahan dalam melakukan perjanjian antara kedua belah pihak tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: irma rohayu
Date Deposited: 24 Aug 2023 08:05
Last Modified: 24 Aug 2023 08:05
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14705

Actions (login required)

View Item View Item