PENGEMBANGAN LKPD DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK KELAS VIII PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS

Kristiani, Febri and Syafdi, Maizora (2020) PENGEMBANGAN LKPD DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK KELAS VIII PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi_A1C016047_FEBRI_KRISTIANI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan cara validitas, praktikalitas dan efektifitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan model Discovery Learning untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep peserta didik kelas VIII pada materi teorema Pythagoras. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan prosedur 4-D yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop). Penelitian dilakukan di SMP N 02 Kota Bengkulu dengan jumlah siswa 36 orang pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Instrumen penelitian ini adalah lembar validitas, praktikalitas dan efektifitas LKPD. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pengembangan LKPD matematika dengan model Discovery Learning kelas VIII di SMP Negeri 02 Kota Bengkulu pada materi teorema Pythagoras termasuk dalam kategori: (1) LKPD matematika termasuk dalam kategori Sangat Valid dengan skor rata-rata 4,27 dengan cara (a) LKPD menunjukkan kebenaran dan kesesuaian urutan dengan langkah-langkah model Discovery Learning pada validasi materi, (b) tulisan, gambar dan penampilan pada LKPD yang menarik serta mudah dibaca pada validasi konstruksi, dan (c) penggunaan kalimat sederhana, jelas dan mudah dipahami serta penggunaan kalimat tanya dan kalimat perintah sesuai pada validasi bahasa, (2) LKPD matematika termasuk dalam kategori Sangat Praktis dengan skor rata-rata 4,32 dengan cara petunjuk, langkah-langkah, gambar, dan permasalahan pada LKPD mudah dipahami oleh peserta didik, dan (3) LKPD Matematika termasuk dalam kategori sangat efektif dengan skor rata-rata 4,33 dengan persentase ketuntasan 91,43% dengan cara LKPD memiliki langkah-langkah yang memuat indikator pemahaman konsep yaitu: a) menyatakan ulang konsep; b) mengklasifikasikan objek menurut sifat-sifat tertentu sesuai dengan konsepnya; c) memberi contoh dan bukan contoh dari suatu konsep; d) menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis; e) mengembangkan syarat perlu dan syarat cukup dari suatu konsep; f) menggunakan dan memanfaatkan serta memilih prosedur atau operasi tertentu; g) mengaplikasikan konsep atau algoritma pada pemecahan masalah. Kata kunci : Discovery Learning, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Pemahaman Konsep, Penelitian Pengembangan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 25 Aug 2023 07:26
Last Modified: 25 Aug 2023 07:26
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14706

Actions (login required)

View Item View Item