SERAPAN NITROGEN AKIBAT PEMBERIAN KOMBINASI NPK DAN VERMIKOMPOS PADA TANAMAN JAGUNG MANIS (Zea mays saccharata Sturt) DI INCEPTISOLS

Anita, Alfiani and Teguh, Adi Prasetyo and Herry, Gusmara (2021) SERAPAN NITROGEN AKIBAT PEMBERIAN KOMBINASI NPK DAN VERMIKOMPOS PADA TANAMAN JAGUNG MANIS (Zea mays saccharata Sturt) DI INCEPTISOLS. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI PDF.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Inceptisols merupakan tanah yang baru berkembang dan penggunaan lahan sebagai lahan budidaya pertanian mempunyai beberapa kendala, yaitu kesuburan tanah yang rendah dan jumlah hara N dalam tanah sangat rendah. Kebutuhan unsur hara tanaman dapat dipenuhi dengan pemupukan baik menggunakan pupuk anorganik NPK maupun pupuk organik vermikompos. Pupuk anorganik mampu menyediakan hara dalam waktu relatif lebih cepat dan pupuk organik dapat memperbaiki sifat fisik, kimia, dan biologi tanah. Kombinasi pemberian NPK dan vermikompos terhadap indikator tanaman yaitu jagung manis memberikan pengaruh nyata terhadap N-total tanah dan kadar N-jaringan tanaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan vermikompos dalam mensubstitusi NPK untuk memenuhi kebutuhan hara N bagi tanaman jagung manis, dan mengetahui jumlah pupuk NPK dapat disubstitusi oleh pupuk organik vermikompos tanpa menurunkan hasil tanaman jagung manis. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei sampai Juli 2020 di Zona Pertanian Terpadu, Fakultas pertanian, Universitas Bengkulu, Kelurahan Kandang Limun, Kecamatan Muara Bangkahulu. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) faktor tunggal dengan 7 perlakuan yaitu kombinasi antara vermikompos dan NPK yaitu 0 ton ha-1 vermikompos + 300 kg ha-1 NPK, 2,5 ton ha- 1 vermikompos + 250 kg ha-1 NPK, 5 ton ha-1 vermikompos + 200 kg ha-1 NPK, 7,5 ton ha-1 vermikompos + 150 kg ha-1 NPK, 10 ton ha-1 vermikompos + 100 kg ha-1 NPK, 12,5 ton ha- 1 vermikompos + 50 kg ha-1 NPK, dan 15 ton ha-1 vermikompos + 0 kg ha-1 NPK. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian 7,5 ton ha-1 vermikompos yang dikombinasikan dengan 150 kg ha-1 NPK menghasilkan kadar N-total tanah tertinggi yaitu 0,38%, kadar N-jaringan tertinggi yaitu 1,32%, bobot tongkol berkelobot terberat yaitu 153,78 g, dan bobot tongkol tanpa kelobot terberat yaitu 142,50 g. Penambahan vermikompos 7,5 ton ha-1 dapat mengurangi aplikasi NPK sebesar 50% dengan hasil yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan penggunaan NPK saja.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Soil Science
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 24 Aug 2023 08:17
Last Modified: 24 Aug 2023 08:17
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14711

Actions (login required)

View Item View Item