PENYELESAIAN PELANGGARAN ADAT TERHADAP PERKAWINAN NYEROD (BEDA KASTA) MENURUT HUKUM ADAT BALI DI DESA TALANG BENUANG KECAMATAN AIR PERIUKAN KABUPATEN SELUMA

DHEA, OKTARINI OSWARI and Hamdani, Ma’akir and Andry, Harijanto (2022) PENYELESAIAN PELANGGARAN ADAT TERHADAP PERKAWINAN NYEROD (BEDA KASTA) MENURUT HUKUM ADAT BALI DI DESA TALANG BENUANG KECAMATAN AIR PERIUKAN KABUPATEN SELUMA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
Skripsi Dhea Oktarini Oswari_B1A017242.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengidentifikasi bentuk-bentuk pelanggaran perkawinan nyerod (beda kasta) di Desa Talang Benuang dan (2) menemukenali proses penyelesaiannya. Penelitian dengan pendekatan antropologi hukum ini menggunakan wawancara mendalam (deep interview) sebagai metode untuk memperoleh serangkaian fakta-fakta di lapangan. Wawancara mendalam dilakukan terhadap tiga macam informan yaitu fungsionaris adat, fungsionaris daerah, dan para pelaku perkawinan nyerod. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan analisis kualitatif untuk menjawab permasalahan yang diajukan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa: (1) perkawinan nyerod yang terjadi di Desa Talang Benuang terdiri dari dua macam yaitu asu pundung dan alangkahi karang hulu; (2) penyelesaian pelanggarannya dilakukan melalui dua cara secara opsional, yaitu perdamaian keluarga tanpa prosesi adat atau melalui upacara mecaru setelah terlebih dahulu melaksanakan patiwangi di pura keluarga pihak perempuan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: irma rohayu
Date Deposited: 24 Aug 2023 08:56
Last Modified: 24 Aug 2023 08:56
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14718

Actions (login required)

View Item View Item