PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VII D SMPN 9 KOTA BENGKULU

Gustina, Lara and Rusdi, Rusdi (2020) PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VII D SMPN 9 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
A1C016019_LARA GUSTINA_SKRIPSI-PDF.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara untuk meningkatakan hasil belajar matematika peserta didik kelas VII D SMPN 9 Kota Bengkulu dengan penerapan pendekatan pembelajaran kontekstual. Jenis penelitian tang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data melalui lembar observasi aktivitas siswa dan tes hasil belajar. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII D SMPN 9 Kota Bengkulu yang beranggotakan 20 peserta didik, yang terdiri dari 13 laki-laki dan 7 perempuan. Penelitian ini dilaksanakan selama 1 siklus mulai dari tanggal 13 Februari 2020 sampai dengan 5 Maret 2020. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa penerapan pendekatan kontekstual yang dikemas dalam bentuk LKPD yang memuat 6 komponen pendekatan kontekstual yaitu, kontruktivisme, pemodelan, bertanya, menemukan, masyarakat belajar dan refleksi dengan pembelajaran berkelompok dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Berdasarkan rekapitulasi hasil lembar observasi, aktivitas belajar peserta didik tidak ada peningkatan sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran kontekstual tidak dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik kelas VII D SMPN 9 Kota Bengkulu. Rata-rata hasil belajar peserta didik pada pra siklus adalah 29,3 dan meningkat pada hasil tes siklus 1 menjadi 53,45. Aktivitas belajar peserta didik disetiap pertemuan pada siklus 1 dikategorikan cukup aktif. Kata Kunci : Aktivitas belajar, Hasil Belajar, Pendekatan Pembelajaran Kontekstual dan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 25 Aug 2023 07:26
Last Modified: 25 Aug 2023 07:26
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14722

Actions (login required)

View Item View Item