PERBANDINGAN EFEKTIVITAS PENDEKATAN KONTEKSTUAL DAN EKSPOSITORI DITINJAU DARI HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP N 18 KOTA BENGKULU

Utami, Poppy Sasti and Effie, Efrida (2020) PERBANDINGAN EFEKTIVITAS PENDEKATAN KONTEKSTUAL DAN EKSPOSITORI DITINJAU DARI HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP N 18 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
A1C016025_POPPY SASTI UTAMI_SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah rata-rata hasil belajar peserta didik menggunakan pendekatan kontekstual lebih baik dari rata-rata hasil belajar peserta didik menggunakan pembelajaran ekspositori. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP N 18 Kota Bengkulu. Teknik pemilihan sampel dilakukan dengan Cluster Random Sampling sehingga terpilih peserta didik kelas VIII.2 berjumlah 25 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.1 sebagai kelas kontrol. Analisis data dilakukan dengan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar peserta didik menggunakan pendekatan kontekstual tidak lebih baik dari rata-rata hasil belajar peserta didik menggunakan pembelajaran ekspositori, dengan = 0,05 dan thitung = 1,67686 < 2,010635 = ttabel. Rata-rata hasil belajar peserta didik kelas eksperimen adalah 89,84 dan rata�rata hasil belajar peserta didik kelas kontrol adalah 85,04. Kata Kunci : Contextual Teaching and Learning, pembelajaran Ekspositori, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 25 Aug 2023 07:26
Last Modified: 25 Aug 2023 07:26
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14724

Actions (login required)

View Item View Item