PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIKKELAS VII SMPN 1 KOTA BENGKULU

Ramadhanti, Riza and Rusdi, Rusdi (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIKKELAS VII SMPN 1 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
A1C016003_RIZA RAMADHANTI_PENDIDIKAN MATEMATIKA_SKRIPSI-PTK.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penelitian tindakan ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation di SMPN 1 Kota Bengkulu pada pokok bahasan perbandingan dan aritmatika sosial. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan subjek penelitian yaitu seluruh peserta didik kelas VII.5 tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 37 orang. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas peserta didik dan tes hasil belajar peserta didik dengan analisis deskriptif. Penelitian ini dikatakan berhasil jika rata- rata aktivitas peserta didik telah mencapai kriteria aktif dan rata-rata hasil belajar telah mencapai kriteria ketuntasan minimal yaitu ≥ 75 dengan ketuntasan belajar klasikal ≥ 85%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh peningkatan aktivitas peserta didik dari siklus I yaitu 32,75 (cukup aktif) ke siklus II yaitu 45 (aktif). Untuk hasil belajar peserta didik pada siklus I diperoleh rata-rata 64,57 dengan ketuntasan belajar klasikal yang diperoleh 59,46%, sedangkan pada siklus II diperoleh rata-rata 72,05 dengan ketuntasan belajar klasikal 70,27%. Kata kunci: Aktivitas Belajar, Group Investigation, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 25 Aug 2023 07:27
Last Modified: 25 Aug 2023 07:27
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14727

Actions (login required)

View Item View Item