PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR

Depitasari, Rizky and Effie, Efrida (2020) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI_A1C016055_RIZKY DEPITASARI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (22MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja peserta didik dengan model pembelajaran inkuiri pada materi bangun ruang sisi datar yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. LKPD yang dihasilkan memuat indikator pemahaman konsep. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan prosedur 4-D Thiagarajan yaitu tahap pndefinisian (Define), tahap perancangan (Design), tahap pengembangan (Develop), dan tahap penyebaran (Deseminate) yang terdiri dari uji validitas, uji kepraktisan, dan uji efektivitas. Validasi LKPD dilakukan oleh empat orang validator. Kepraktisan LKPD diuji pada tiga puluh dua orang peserta didik kelas VIII.8 SMP Negeri 4 Kota Bengkulu semester genap tahun ajaran 2019/2020. Efektivitas LKPD di uji pada tiga puluh tiga peserta didik kelas VIII.7 SMP Negeri 4 Kota Bengkulu semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Instrumen penelitian terdiri dari lembar validitas LKPD, lembar kepraktisan LKPD, dan lembar efektivitas LKPD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan Model Pembelajaran Inkuiri Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar termasuk dalam kategori: a) sangat valid berdasarkan aspek materi, konstruksi, dan bahasa dengan skor rata-rata 4,34, b) sangat praktis dengan skor rata-rata 4,52, c) sangat efektif dengan skor rata-rata 90,77 berdasarkan: 1) aktivitas peserta didik dengan skor rata-rata 90,35 dalam kategori sangat baik, 2) respon peserta didik dengan skor rata-rata 95,24 dalam kategori baik, 3) hasil belajar peserta didik dengan skor rata-rata 87,75 dalam kategori sangat baikdan mencapai ketuntasa klasikal 90,9%. Kata Kunci: Model peembelajaran inkuiri, Pemahaman Konsep, Lembar Kerja Peserta Didik, Penelitian Pengembangan

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 25 Aug 2023 07:27
Last Modified: 25 Aug 2023 07:27
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14728

Actions (login required)

View Item View Item