HUBUNGAN ANTARA KEBIASAAN MEMBACA DENGAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 69 KOTA BENGKULU

Resnani, Resnani and Refni, Agustina (2017) HUBUNGAN ANTARA KEBIASAAN MEMBACA DENGAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 69 KOTA BENGKULU. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7 (2). pp. 200-208. ISSN 1693-8577

[img]
Preview
Text (Article)
vol 7 no 13 mei 2014.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kebiasaan membaca dengan hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri 69 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 69 Kota Bengkulu yang berjumlah 104 orang. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 69 Kota Bengkulu yang berjumlah 26 orang. Instrumen penelitian berupa lembar angket, dokumentasi dan wawancara. Lembaran angket terdiri dari 38 item soal yang digunakan untuk mengukur kebiasaan membaca siswa, dokumentasi digunakan untuk melihat hasil belajar siswa kelas V SDN 69 Kota Bengkulu bulan September dan Oktober 2013 dan wawancara digunakan sebagai data pendukung dari angket kebiasaan membaca dan dokumentasi hasil belajar siswa. Teknik analisis data dilakukan dengan perhitungan statistik korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa r hitung = 0,798 yang berada pada taraf signifikan 5% sebesar 0,388. Dengan demikian diketahui bahwa r hitung lebih besar daripada r tabel . Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kebiasaan membaca dengan hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri 69 Kota Bengkulu.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Journal
Depositing User: 161 Septi Septi
Date Deposited: 17 Nov 2017 02:54
Last Modified: 17 Nov 2017 03:47
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14731

Actions (login required)

View Item View Item