KEANEKARAGAMAN JENIS TUMBUHAN DI AREAL NILAI KONSERVASI TINGGI (NKT) PERKEBUNAN KELAPA SAWIT PT AGRO MUKO PROVINSI BENGKULU

Anna, Flora Simbolon and Erniwati, Erniwati and Fajrin, Hidayat (2021) KEANEKARAGAMAN JENIS TUMBUHAN DI AREAL NILAI KONSERVASI TINGGI (NKT) PERKEBUNAN KELAPA SAWIT PT AGRO MUKO PROVINSI BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI Anna Flora Simbolon.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Areal ber Nilai Konservasi Tinggi (NKT) adalah kawasan atau areal yang berada di hutan, kebun kelapa sawit, kawasan tambang yang dianggap penting dan kritis karena tingginya nilai lingkungan, sosial ekonomi, sosial budaya, keanekaragaman hayati, dan bentang alam yang melekat padanya. Untuk mengurangi dampak kehilangan keanekragaman hayati akibat pembukaan perkebunan kelapa sawit, peraturan pemerintah mewajibkan perkebunan kelapa sawit skala besar/swasta untuk mempertahankan atau membangun kawasan hutan yang bernilai konservasi tinggi. Kawasan NKT berperan penting dalam melindungi dan melestarikan keanekaragaman hayati, namun sejauh mana kawasan NKT mendukung konservasi keanekaragaman hayati di lanskap perkebunan kelapa sawit masih banyak belum diketahui. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat keanekaragaman spesies tumbuhan yang terdapat di areal Nilai Konservasi Tinggi (NKT) perkebunan kelapa sawit PT.Agro Muko Provinsi Bengkulu. Metode pengambilan data menggunakan petak tunggal banyaknya plot mengacu pada kurva spesies area. Untuk mengetahui gambaran komposisi tumbuhan maka dilakukan analisa secara deskriptif dan analisa Indeks Nilai Penting (INP). Hasil penelitian menunjukkan bahwa areal NKT PT. Agro Muko Air Bikuk Estate, ditemukan 16 jenis spesies tumbuhan dengan 11 famili. Jenis yang mendominasi adalah kayu besi (Eusideroxylon zwageri) sebanyak 92 indvidu. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa areal NKT perkebunan kelapa sawit PT.Agro Muko Air Bikuk Estate Provinsi Bengkulu masih terjaga dengan baik dan masih alami karena jenis- jenis tumbuhan termasuk kedalam jenis yang tergolong pada jenis kayu bernilai tinggi dan merupakan jenis asli pada hutan tropis dataran rendah di Provinsi Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Forestry
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 25 Aug 2023 01:47
Last Modified: 25 Aug 2023 01:47
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14736

Actions (login required)

View Item View Item