PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VIIIA DI SMP NEGERI 15 KOTA BENGKULU

Ningrum, Yunia Jumita and Rusdi, Rusdi (2020) PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VIIIA DI SMP NEGERI 15 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
A1C016067_YUNIA JUMITA NINGRUM_SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan cara menerapkan pendekatan saintifik agar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika peserta didik kelas VIIIA di SMP Negeri 15 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas peserta didik dan tes hasil belajar peserta didik. Peningkatan aktivitas belajar dapat dilakukan dengan cara : membentuk kelompok peserta didik secara heterogen, mengatur tempat duduk peserta didik, pada proses kegiatan menalar peserta didik dituntun untuk menemukan konsep di kegiatan yang disajikan di LKPD yang nantinya mengarah pada proses kesimpulan dalam pembelajaran, pada tahap mengomunikasikan pendidik memberi kesempatan secara luas kepada peserta didik untuk mengungkapkan ide atau gagasannya, dan peserta didik dilibatkan secara aktif dalam kegiatan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik dari awal hingga akhir pembelajaran. Rata-rata skor pada lembar observasi aktivitas peserta didik pada pertemuan 1 sampai pertemuan 4 siklus 1 secara berturut-turut: 29.0 (cukup aktif), 26.5 ( kurang aktif), 27.5 (kurang aktif), 29.5 (cukup aktif). Nilai rata-rata aktivitas belajar siklus 1 yaitu 28.13, nilai tersebut dikategorikan kurang aktif. Hal ini menunjukkan bahwa kriteria penilaian pada siklus 1 belum tercapai. Akan tetapi, setiap pertemuan pada siklus 1 ini sudah terdapat peningkatan. Sedangkan peningkatan hasil belajar dapat dilakukan dengan cara : memberikan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis saintifik kepada peserta didik sehingga peserta didik terbimbing dalam menemukan konsep materi pelajaran yang akan dicapai, memberikan latihan soal untuk melatih dan memperkuat pengetahuan peserta didik, dan pendidik memotivasi peserta didik agar lebih mempersiapkan diri ketika ujian akan berlangsung. Peningkatan tersebut dilihat dari nilai rata-rata perbandingan antara nilai ulangan harian dan tes hasil belajar peserta didik siklus 1 yaitu 35.79 dan 43.67. Nilai rata-rata kelas meningkat sebesar 7.88. Persentase ketuntasan belajar klasikal dari ulangan harian dan tes hasil belajar peserta didik siklus 1 yaitu 16.67% dan 16.67%. Kata kunci: Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; Pendekatan Saintifik

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 25 Aug 2023 07:28
Last Modified: 25 Aug 2023 07:28
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14737

Actions (login required)

View Item View Item