JENIS TUMBUHAN PANGAN DAN OBAT DIKAWASAN HUTAN DENGAN TUJUAN KHUSUS (KHDTK) UNIVERSITAS BENGKULU KELURAHAN KEMUMU KECAMATAN ARMAJAYA BENGKULU UTARA

Arta, Tentina Sitio and Wiryono, Wiryono and Putranto, Budiono (2021) JENIS TUMBUHAN PANGAN DAN OBAT DIKAWASAN HUTAN DENGAN TUJUAN KHUSUS (KHDTK) UNIVERSITAS BENGKULU KELURAHAN KEMUMU KECAMATAN ARMAJAYA BENGKULU UTARA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
Skripsi Arta Tentina Sitio.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Hutan mempunyai banyak manfaat bagi kehidupan manusia yang diantaranya sebagai penghasil tumbuhan pangan dan tumbuhan obat. Hasil tumbuhan pangan dan tumbuhan obat yang berasal dari hutan dapat berupa buah-buahan, dedaunan, umbi-umbian dan biji-bijian (Sunarti, 2007). Tumbuhan pangan dan tumbuhan obat dapat juga dikategorikan sebagai tumbuhan survival di dalam hutan yang merupakan tumbuhan liar yang dapat dikonsumsi atau dijadikan bahan makan dan sumber pengobatan tradisional dalam keadaan darurat untuk bertahan hidup di dalam hutan, (Nanyingiet at al., 2008; Khan dkk., 2013; Tugume dkk., 2016). Peneltian ini dilakukan pada bulan Januari-Maret 2020 di Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Universitas Bengkulu Kelurahan Kemumu, Kecamatan Armajaya, Bengkulu Utara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis tumbuhan pangan dan obat serta manfaat dan cara pengolahannya. Metode penelitian yang dilakukan dengan cara Wawancara dan jelajah. Wawancara terhadap 3 informan dan jelajah ke lokasi penelitian dengan mengikuti jalur yang dijadikan masyarakat sebagai jalan untuk melaakukan aktivitas ke dalam hutan. Setiap jenis tumbuhan pangan dan obat yang ditemukan akan dibuat titik dengan menggunakan aplikasi Avenza dan pada titik tersebut akan dilakukan pengamatan pada setiap tumbuhan sejauh 5m kiri dan kanan jalan untuk memperoleh data yang mungkin informan tidak ketahui. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di KHDTK diperoleh 34 jenis tumbuhan pangan dan obat dengan 19 jenis tumbuhan obat, 9 jenis tumbuhan pangan serta 6 jenis tumbuhan pangan dan obat. Secara komposisi suku, 7 dari suku Asteraceae, 3 dari famili Piperaceae, 3 dari suku Fabaceae , 2 dari suku Euphorbiaceae, dan 19 jenis dari suku yang berbeda. Cara pengolahan jenis tumbuhan pangan dan obat dikelompokkan menjadi 3 cara yaitu dimasak, tidak dimasak, dan dimasak dan tidak dimasak. Setiap cara pengolahantersebut terdapat 3cara pengolahan lainnya yaitu, diolah, tidak diolah, dan diolah dan tidak diolah.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Forestry
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 25 Aug 2023 01:58
Last Modified: 25 Aug 2023 01:58
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14738

Actions (login required)

View Item View Item