KEANEKARAGAMAN JENIS TUMBUHAN TINGKAT TIANG DAN POHON DI KAWASAN HUTAN DENGAN TUJUAN KHUSUS (KHDTK) UNIVERSITAS BENGKULU

Christina, Samperawati Br Malango and Erniwati, Erniwati and Muhammad, Fajrin Hidayat (2021) KEANEKARAGAMAN JENIS TUMBUHAN TINGKAT TIANG DAN POHON DI KAWASAN HUTAN DENGAN TUJUAN KHUSUS (KHDTK) UNIVERSITAS BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
Skripsi Christina Samperawati Br Malango (E1B015046).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Indonesia merupakan salah satu negara yang mempunyai keanekaragaman hayati yang tinggi, hal ini dibuktikan dengan beragamnya jenis flora dan fauna yang tersebar didalamnya. Keanekaragaman jenis merupakan salah satu parameter komunitas yang penting karena keanekaragaman jenis mencerminkan kondisi suatu lingkungan dimana komunitas tersebut berada. Salah satu kawasan hutan di Provinsi Bengkulu yang masih baik adalah Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Universitas Bengkulu. Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus Universitas Bengkulu termasuk kedalam Hutan hujan tropika yang berada di Kecamatan Argamakmur Kabupaten Bengkulu Utara. Berdasarkan penelusuran pustaka bahwa lokasi ini belum pernah dilakukan penelitian dan Informasi mengenai keanekaragaman jenis tumbuhan pada Kawasan ini belum diketahui secara pasti. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari sampai dengan bulan Maret 2020 pada Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus Universitas Bengkulu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman jenis tumbuhan serta struktur diameter dan komposisi tumbuhan tingkat pohon dan tiang yang terdapat pada Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus Universitas Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode petak ganda yang merupakan metode yang dilakukan dengan menggunakan banyak petak contoh yang letaknya tersebar merata di areal yang akan dipelajari, dan peletakan plot secara Systematic sampling dengan titik awal diambil secara acak dan jarak antar plot adalah 30 m. Ukuran petak ukur yang dibuat adalah 20x20 m untuk vegetasi tingkat pohon dan 10x10 untuk vegetasi tingkat tiang, dimana vegetasi tingkat pohon memiliki diameter >20 cm dan vegetasi tingkat tiang dengan diameter 10-20 cm. Hasil penelitian menunjukkan vegetasi pada Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Universitas Bengkulu untuk tingkat pohon disusun oleh 18 jenis yang tergolong dalam 13 suku dan untuk tingkat tiang disusun oleh 17 jenis yang tergolong kedalam 14 suku. Vegetasi tingkat pohon didominasi oleh jenis Elateriospermum tapos Bl. (43,53 %) dan Shorea ovalis Blume. (43,51 %). Vegetasi tingkat tiang didominasi oleh jenis Elateriospermum tapos Bl. (40,48 %) dan Shorea ovalis Blume. (26,32 %). Keanekaragaman yang ada pada KHDTK Universitas Bengkulu termasuk kedalam kategori sedang terbukti dengan tingkat keanekaragaman jenis yang berada pada kisaran 1≤H≤3 dimana H’ pohon 2,667 dan tiang 2,721. Indeks Kemerataan pada Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus Universitas Bengkulu untuk tingkat pohon 0,923 dan pada tingkat tiang 0,960. Untuk mendapatkan data yang lebih lengkap tentang permudaan lainnya pada KHDTK Universitas Bengkulu masih diperlukan penelitian lebih lanjut.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Forestry
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 25 Aug 2023 02:05
Last Modified: 25 Aug 2023 02:05
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14741

Actions (login required)

View Item View Item