KEANEKARAGAMAN JENIS TUMBUHAN BAWAH DI KAWASAN TAMAN NASIONAL KERINCI SEBLAT HUTAN MADAPI KABUPATEN REJANG LEBONG PROVINSI BENGKULU

Dwi, Apriliani and Wiryono, Wiryono and Putranto, BAN (2021) KEANEKARAGAMAN JENIS TUMBUHAN BAWAH DI KAWASAN TAMAN NASIONAL KERINCI SEBLAT HUTAN MADAPI KABUPATEN REJANG LEBONG PROVINSI BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
keanekaragaman jenis tumbuhan bawah pdf.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Hutan itu mempunyai kekayaan dari berbagai jenis flora serta juga fauna. jika hutan itu tidak diperhatikan di dalam pemanfaatan serta kelangsungannya. Maka tidaklah mustahil akan terjadi proses erosi genetik. Hal tersebut terjadi dikarenakan hutan itu semakin berkurang habitatnya. Menurut Soerianegara & Indrawan (2005), hutan juga merupakan tempat tinggal dan makanan bagi fauna yang tinggal di dalamnya. Populasi tumbuhan dan hewan di dalam hutan membentuk masyarakat yang saling berkaitan erat satu sama lain dengan lingkungan sekitarnya. Oleh karena itu, hutan dipandang sebagai suatu sistim ekologi atau merupakan ekosistem yang sangat berguna bagi kehidupan manusia. Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari-Maret 2020 di kawasan Hutan MADAPI Desa Karang Anyar Pal VIII Kecamatan Bermani Ulu Raya Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode analisa vegetasi yaitu studi tentang komunitas tumbuhan selalu dimulai dengan pengambilan sampel, yaitu sebagian kecil komunitas untuk diukur. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode kuadrat. Pada metode ini, ukuran kuadrat yang digunakan yaitu 1 mx 1m, banyaknya jumlah kuadrat mengacu pada kurva penemuan spesies (Species accumulating curve). Pada kawasan hutan MADAPI di tegakan pinus terdapat 50 jenis tumbuhan bawah dengan jumlah plot keseluruhan yaitu sebanyak 58 dengan jumblah family sebanyak 31. Tegakan kemiri jenis tumbuhan didapat sebanyak 35 jenis dengan jumlah plot keseluruhan yaitu sebanyak 51 dengan jumlah family sebanyak 22. Tegakan Damar jenis tumbuhan yang didapat sebanyak 46 jenis dengan jumlah plot keseluruhan yaitu sebanyak 52 dengan jumlah family sebanyak 23. Tegakan Mahoni didapat sebanyak 47 jenis dengan jumlah plot keseluruhan yaitu sebanyak 53 dengan jumlah family sebanyak 25.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Forestry
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 25 Aug 2023 02:09
Last Modified: 25 Aug 2023 02:09
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14742

Actions (login required)

View Item View Item