KEANEKARAGAMAN JENIS TUMBUHAN PAKU (PTERIDOPHYTA) EPIFIT DI KAWASAN HUTAN MADAPI KECAMATAN BERMANI ULU RAYA KABUPATEN REJANG LEBONG PROVINSI BENGKULU

Elfihrah, Handayani and Wiryono, Wiryono and Saprinurdin, Saprinurdin (2021) KEANEKARAGAMAN JENIS TUMBUHAN PAKU (PTERIDOPHYTA) EPIFIT DI KAWASAN HUTAN MADAPI KECAMATAN BERMANI ULU RAYA KABUPATEN REJANG LEBONG PROVINSI BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI ELFIHRAH HANDAYANI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Tumbuhan paku sebagai bagian dari keanekaragaman hayati secara ekologis memiliki peranan penting bagi keseimbangan ekosistem hutan yaitu sebagai pencegah erosi, membantu proses pelapukan serasah hutan, dan produsen dalam rantai makanan (Suraida, 2013). Pertumbuhan paku dipengaruhi oleh kelembaban, suhu, intensitas cahaya, dan lain�lain. Tumbuhan paku memiliki daerah penyebaran yang luas sehingga dapat dijumpai di berbagai belahan dunia mulai dari daerah, dataran rendah, rawa, sawah, kebun, kawasan pegunungan, tebing yang curam, tepi sungai dan hutan. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juli 2020 sampai dengan Oktober 2020 di Kawasan Hutan MADAPI Kecamatan Bermani Ulu Raya Kabupaten Rejang Lebong. Penelitian ini bertujuan mengetahui keanekaragaman jenis tumbuhan paku epifit yang ada di dalam Kawasan Hutan MADAPI. Penelitian ini diharapkan memberi informasi mengenai keanekaragaman jenis tumbuhan paku epifit yang ada di dalam Kawasan Hutan MADAPI Kecamatan Bermani Ulu Raya Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu. Metode pengambilan data dengan membuat jalur pengamatan yang dimulai dari titik yang ditentukan secara acak menuju ke arah utara. Masing-masing jalur dibuat maksimal 8 plot. Banyaknya plot ditentukan dari kurva penemuan jenis epifit. Bila tidak ditemukan jenis baru maka plot dinyatakan cukup dan dibuat jalur baru yang sejajar dengan jalur sebelumnya. Jarak antar jalur 50m. Di dalam jalur dibuat plot berukuran 10m x 20m dengan jarak antar plot 20m. Pengukuran faktor lingkungan seperti suhu udara, intensitas cahaya, dan kelembaban udara dilakukan pada setiap titik pengamatan. Berdasarkan hasil identifikasi tumbuhan paku epifit yang ada di kawasan hutan Madapi ditemukan 15 jenis tumbuhan paku epifit yang terdiri dari 7 famili yaitu Aspleniaeae, Polypodiaceae, Hymenophyllaceae, Nephrolepidaceae, Davaliaceae, dan Lycopodiaceae. Tegakan yang mempunyai indeks keanekaragaman (H‟) tertinggi terdapat pada tegakan pinus 1,71 dan indeks keanekaragaman terendah terdapat pada tegakan damar 1,15.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Forestry
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 25 Aug 2023 02:13
Last Modified: 25 Aug 2023 02:13
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14745

Actions (login required)

View Item View Item