PEMANFAATAN HASIL HUTAN BUKAN KAYU (HHBK) DI HUTAN LINDUNG BUKIT DAUN OLEH MASYARAKAT DESA KELILIK KECAMATAN KEPAHIANG KABUPATEN KEPAHIANG PROVINSI BENGKULU

Erin, Dwiyanda and Wiryono, Wiryono and Nani, Nuriyatin (2021) PEMANFAATAN HASIL HUTAN BUKAN KAYU (HHBK) DI HUTAN LINDUNG BUKIT DAUN OLEH MASYARAKAT DESA KELILIK KECAMATAN KEPAHIANG KABUPATEN KEPAHIANG PROVINSI BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI ERIN DWIYANDA ACC.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Pemanfaatan HHBK telah dilakukan masyarakat secara turun temurun. Pemanfaatan hasil hutan oleh manusia telah berlangsung sejak lama, seiring dengan dimulainya interaksi manusia dengan alam sekitarnya. Salah satu peradaban awal manusia dimulai dari praktek berburu dan meramu yang berlokasi di hutan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui jenis-jenis HHBK di Hutan Lindung Bukit Daun yang dimanfaatkan oleh masyarakat Desa Kelilik Kecamatan Kepahiang Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu, mengetahui apa saja macam-macam pemanfaatan HHBK yang dimanfaatkan oleh masyarakat Desa Kelilik Kecamatan Kepahiang Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu dan mengetahui pendapat masyarakat terhadap HHBK di Hutan Lindung Bukit Daun. Penelitian ini menggunakan metode survey. Metode penentuan sampel pada penelitian ini dengan menggunakan metode Random sampling. Jumlah responden yang diwawancarai dalam penelitian ini sebanyak 34 KK. Banyaknya responden diambil 15 % dari jumlah 225 KK. Hasil penelitian di Desa Kelilik Kecamatan Kepahiang Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu yaitu jenis-jenis hasil hutan bukan kayu (HHBK) yang dimanfaatkan oleh masyarakat Desa Kelilik di Hutan Lindung Bukit Daun adalah HHBK Nabati, yaitu: bambu, rotan, pinang, kemiri, durian, pakis, pulai dan HHBK Hewani, yaitu: babi hutan, Burung tekukur, rusa dan madu. HHBK yang dimanfaatkan oleh masyarakat untuk kebutuhan sehari�hari serta untuk dijual. Macam-macam pemanfaatan hasil hutan bukan kayu seperti untuk pagar, bahan untuk membuat pondok, bahan anyaman, penguat beronang, tali, bumbu masakan, bahan konsumsi, peliharaan dan pulut dan masyarakat berpendapat bahwa HHBK yang tersedia di Hutan Lindung Bukit Daun sudah semakin berkurang, karena keadaan Hutan Lindung Bukit Daun sudah semakin rusak serta luas kawasan Hutan Lindung Bukit Daun sudah semakin berkurang karena adanya pembukaan lahan perkebunan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Forestry
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 25 Aug 2023 02:17
Last Modified: 25 Aug 2023 02:17
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14746

Actions (login required)

View Item View Item