PERSEPSI DAN PARTISIPASI MASYARAKAT DESA KUNGKAI BARU TERHADAP REHABILITASI HUTAN PANTAI CEMORO SEWU DI KAWASAN CAGAR ALAM PASAR NGALAM KECAMATAN AIR PERIUKAN KABUPATEN SELUMA PROVINSI BENGKULU

Ilham, Suryanto and Siswahyono, Siswahyono and Putranto, BAN (2021) PERSEPSI DAN PARTISIPASI MASYARAKAT DESA KUNGKAI BARU TERHADAP REHABILITASI HUTAN PANTAI CEMORO SEWU DI KAWASAN CAGAR ALAM PASAR NGALAM KECAMATAN AIR PERIUKAN KABUPATEN SELUMA PROVINSI BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
skripsi penelitian ilham suryanto E1B014058 PDF.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Kawasan konservasi memiliki aturan-aturan terkait dengan hutan pantai di kawasan cagar alam menimbulkan permasalahan antara pihak yang berwenang dengan masyarakat sekitar. Permasalahan tersebut berdampak pada masyarakat terhadap akses keluar masuk kawasan dan dilarang melakukan kegiatan di dalam kawasan cagar alam. Namun kenyataannya, terjadi kegiatan rehablitasi di kawasan cagar alam, salah satunya terjadi di hutan pantai Cemoro Sewu yang berbatasan langsung dengan Desa Kungkai Baru. Masyarakat Desa Kungkai Baru melakukan kegiatan rehabilitasi kawasan dengan tujuan untuk mengembalikan fungsi kawasan yang telah rusak. Meskipun tidak diperbolehkan secara aturan, namun kegiatan tersebut telah “diketahui” oleh pihak yang berwenang dan masyarakat secara langsung berpartisipasi dan terlibat dalam kegiatan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan teknik survei dan wawancara kepada masyarakat sekitar.Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik sampel acak (Simple Random Sampling).Dalam penelitian ini jumlah kepala keluarga di Desa Kungkai Baru adalah sebanyak 498 KK sehingga sampel yang diambil adalah sebanyak 49,8 KK atau dibulatkan menjadi 50 KK (10%). Hasil penelitian mengenai persepsi masyarakat Desa Kungkai Baru memiliki persepsi yang baik (54 %) dalam memandang pentingnya rehabilitasi hutan pantai, manfaat ekologi, ekonomi dan sosial dalam upaya pelestarian hutan pantai Cemoro Sewu tersebut.Tingkat partisipasi masyarakat pada kegiatan rehabilitasi masuk ke dalam kategori rendah yaitu masyarakat mengakui bahwa masyarakat masih memiliki kepentingan dengan hutan pantai untuk mendukung kebutuhan sehari-hari terkait dengan manfaat ekologi dan sosial hutan pantai. Namun masyarakat memiliki pemahaman bahwa sudah ada pihak-pihak tertentu yang memiliki wewenang untuk merehabilitasi hutan pantai secara lestari.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Forestry
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 25 Aug 2023 02:34
Last Modified: 25 Aug 2023 02:34
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14752

Actions (login required)

View Item View Item