KEANEKARAGAMAN FAMILI HEWAN TANAH FILUM ARTHROPODA DI KAWASAN HUTAN DENGAN TUJUAN KHUSUS (KHDTK) UNIVERSITAS BENGKULU KABUPATEN BENGKULU UTARA

Lusi, Yani and Wiryono, Wiryono and Wahyudi, Arianto (2021) KEANEKARAGAMAN FAMILI HEWAN TANAH FILUM ARTHROPODA DI KAWASAN HUTAN DENGAN TUJUAN KHUSUS (KHDTK) UNIVERSITAS BENGKULU KABUPATEN BENGKULU UTARA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI LUSI YANI E1B015011.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Hutan merupakan habitat bagi beragam flora dan fauna, salah satunya adalah kelompok Filum Arthropoda yang menghuni permukaan tanah. Menurut Borror (1992) Filum Arthropoda dipermukaan tanah memiliki peranan penting dalam ekositem tanah, diantaranya sebagai dekomposer bahan organik tanah, sehingga berkontribusi dalam penyediaan nutrisi atau perombakan unsur hara di tanah. Faktor yang penting di lingkungan permukaan tanah adalah faktor biotik dan faktor abiotik. Faktor abiotik Filum Arthropoda memiliki kisaran suhu tertentu untuk dapat hidup. Di luar kisaran suhu tersebut Filum Arthropoda akan mati kedinginan atau kepanasan, pada umumnya kisaran suhu yang efekttif adalah sebagai berikut : suhu minimum 15°c suhu optimum 25°c dan suhu maksimum 45°c. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode PitFall Trap (Perangkap Jebak) dengan metode Line Transek, perangkap sebanyak 30 perangkap. Sampel Filum Arthropoda ditemukan di lapangan kemudian diidentifikasi dengan menggunakan buku kunci determinasi Filum Arthropoda. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari-september 2020 di KHDTK Universitas Bengkulu Kabupaten Bengkulu Utara, sedangkan identifikasi dilakukan di Laboratorium Kehutanana Universitas Bengkulu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman Famili Filum Arthropoda permukaan tanah di KHDTK Universitas Bengkulu Kabupaten Bengkulu Utara. Hasil pengukuran faktor abiotik pada lokasi memiliki kelembaban tanah yang tinggi dan suhu yang rendah dengan rata-rata kelembaban 95% dan rata-rata suhu 27,5%. Faktor lingkungan akan terlihat pengaruhnya terhadap kelimpahan hewan tanah jika pengambilan sampel dilakukan dengan waktu yang lebih lama dan pada musim yang berbeda. Suhu tanah merupakan salah satu faktor fisika tanah yang menentukan kehadiran dan kepadatan filum arthropoda permukaan tanah. Fluktuasi suhu tanah lebih rendah dari suhu udara, dan suhu tanah tertinggi terdapat pada suhu udara (Suin, 1997).

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Forestry
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 25 Aug 2023 02:37
Last Modified: 25 Aug 2023 02:37
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14754

Actions (login required)

View Item View Item