KARAKTERISTIK MASYARAKAT PENGGARAP DAN PEMANFAATAN PADA STASIUN LAHAN PERCOBAAN UNIVERSITAS BENGKULU DI KAWASAN TAMAN HUTAN RAYA RAJOLELO (TAHURA) KABUPATEN BENGKULU TENGAH

Muhammad, Tri Setiawan and Gunggung, Senoaji and Siswahyono, Siswahyono (2021) KARAKTERISTIK MASYARAKAT PENGGARAP DAN PEMANFAATAN PADA STASIUN LAHAN PERCOBAAN UNIVERSITAS BENGKULU DI KAWASAN TAMAN HUTAN RAYA RAJOLELO (TAHURA) KABUPATEN BENGKULU TENGAH. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
A Skripsi Lengkap PENELITIAN M.TRI SETIAWAN.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Taman Hutan Raya Rajolelo Bengkulu Tengah merupakan kawasan konservasi yang berada di Provinsi Bengkulu yang mempunyai luasan 1.122 Ha. Kawasan ini telah mengalami perubahan komposisi tumbuhan, dari tumbuhan alam menjadi perkebunan yang mengakibatkan hilangnya fungsi Taman Hutan Raya yang mestinya berfungsi untuk tujuan koleksi tumbuhan maupun hewan yang alami maupun yang bukan alami, jenis asli maupun bukan asli yang dimanfaatkan untuk kepentingan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, menunjang budidaya, budaya, parawisata dan rekreasi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli 2020 hingga Agustus 2020 di Taman Hutan Raya Rajolelo Bengkulu Tengah. Penelitian ini menggunakan metode observasi berjalan memasuki kawasan dengan melalui sekitar Desa Tanjung Terdana Kecamatan Pondok Kubang Kabupaten Bengkulu Tengah yang terdapat di kawasan Stasiun Lahan Percobaan UNIB pada TAHURA Rajolelo. Responden dan lahan garapan yang diwawancarai adalah pemilik lahan garapan yang berada di lahan tersebut. Berdasarkan pada penelitian yang telah dilakukan, ditemukan 30 responden yang menggarap di Stasiun Lahan Percobaan UNIB seluas 56,7 Ha. Adapun tanam pokok yang ditanam oleh masyarakat penggarap pada Stasiun Lahan Percobaan UNIB yaitu seperti kelapa sawit, padi dan karet dan adapula yang tidak meilmiliki tanaman (lahan kosong) pada kawasan tersebut. Masyarakat penggarap yang menanam tanaman kelapa sawit berjumlah 17 responden, yang menanam padi berjumlah 5 responden, masyarakat yang menanam karet berjumlah 1 responden, masyarakat yang menanam padi dan kelapa sawit berjumlah 1 responden, masyarakat menanam kelapa sawit dan karet berjumlah 1 responden dan masyarakat yang tidak memiliki tanaman (lahan kosong) berjumlah 5 responden.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Forestry
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 25 Aug 2023 02:47
Last Modified: 25 Aug 2023 02:47
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14756

Actions (login required)

View Item View Item