PELAKSANAAN KOMPETENSI GURU PENDAMPING MUDA DI TEMPAT PENITIPAN ANAK (TPA) (Studi Deskriptif Kuantitatif di Kecamatan Selebar Kota Bengkulu)

Ningrum, Yesi Rahma and Sumarsih, Sumarsih (2020) PELAKSANAAN KOMPETENSI GURU PENDAMPING MUDA DI TEMPAT PENITIPAN ANAK (TPA) (Studi Deskriptif Kuantitatif di Kecamatan Selebar Kota Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI PDF YESI RAHMA NINGRUM.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan kompetensi guru pendamping muda di tempat penitipan anak (TPA) di Kecamatan Selebar Kota Bengkulu.Kompetensi guru pendamping muda meliputi aspek memahami dasar- dasar pengasuhan, aspek terampil melaksanakan pengasuhan, dan aspek bersikap dan berprilaku sesuai dengan kebutuhan psikologis anak.metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Subjek pada penelitian ini adalah 8 orang guru pendamping muda.Teknik analisis data menggunakan statistik dengan rumus persentase.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan kompetensi guru pendamping muda ditempat penitipan anak di Kecamatan Selebar Kota Bengkulu berada pada kategori baik.Secara khusus, aspek memahami dasar-dasar pengasuhan berada pada kategori baik, aspek terampil melaksanakan pengasuhan berada pada kategori sangat baik, dan aspek bersikap dan berprilaku sesuai dengan kebutuhan psikologis anak berada pada kategori baik.Berdasarkan penelitian tersebut disarankan guru pendamping muda untuk memperbanyak pengetahuan tentang dasar-dasar pengasuhan. Kata Kunci: Kompetensi, Guru Pendamping Muda, Tempat Penitipan Ana

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 25 Aug 2023 07:28
Last Modified: 25 Aug 2023 07:28
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14760

Actions (login required)

View Item View Item