PENYELESIAN CEPALO BEBEA (SALAH BIBIR) MELALUI PRANATA JENANG KUTEI MENURUT HUKUM ADAT REJANG DI DESA DUKU ULU KECAMATAN CURUP TIMUR KABUPATEN REJANG LEBONG

FAJAR, AL FARISI and Herawan, Sauni and Andry, Harijanto (2022) PENYELESIAN CEPALO BEBEA (SALAH BIBIR) MELALUI PRANATA JENANG KUTEI MENURUT HUKUM ADAT REJANG DI DESA DUKU ULU KECAMATAN CURUP TIMUR KABUPATEN REJANG LEBONG. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
INSYAALLAH BENAR YIS.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penulisan penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan menggambarkan: (1) proses penyelesaian pelanggaran adat cepalo bebea melalui pranata adat Jenang Kutei menurut hukum adat Rejang di Desa Duku Ulu Kecamatan Curup Timur Kabupaten Rejang Lebong; dan (2) putusan pranata adat Jenang Kutei dalam proses penyelesaian cepalo bebea dapat berlaku efektif dilaksanakan di Desa Duku Ulu Kecamatan Curup Timur Kabupaten Rejang Lebong. Penelitian ini menggunkan metode penelitian empiris dengan pendekatan deskriptif kualitatif berupa pengumpulan informasi mengenai status suatu gejala menurut apa adanya pada saat penelitian dilakukan. Dari penelitian ini didapatkan hasil yaitu: (1) penyelesaian cepalo bebea diselesaikan melalui pranata jenang kutei dengan pelaku diberikan sanksi adat sesuai dengan pelanggaran yang telah dilakukan; (2) pelaku diberikan pendidikan agama berupa belajar mengaji, bacaan-bacaan salat, pembinaan ahlak, dan pelajaran-pelajaran hikmah serta mengajarkan pelaku untuk selalu menghormati dan menghargai perbedaan antar suku, semuanya adalah sama hidup bersama secara berdampingan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: irma rohayu
Date Deposited: 25 Aug 2023 03:03
Last Modified: 25 Aug 2023 03:03
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14762

Actions (login required)

View Item View Item