PERANAN TUTOR (USTAD DAN USTADZAH) DALAM PELAKSANAAN MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN METODE QIRO’ATI KEPADA PESERTA DIDIK DI TPQ PAUDIT AL HASANAH PAGAR DEWA KOTA BENGKULU

MZ, Ari Angga and Jasma, Suardi (2020) PERANAN TUTOR (USTAD DAN USTADZAH) DALAM PELAKSANAAN MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN METODE QIRO’ATI KEPADA PESERTA DIDIK DI TPQ PAUDIT AL HASANAH PAGAR DEWA KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI ARI ANGGA. MZ.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran Al Qur’an dengan metode Qiro’ati ini sistem dan cara membacanya dengan lancar, cepat, tepat, benar, dan tartil tanpa harus dieja. Kemudian model pelaksanaannya yaitu dengan menggunakan alat peraga untuk pelaksanaan klasikal yang berisikan materi yang ada di dalam halaman buku jilid Qiro’ati. Pengajarnya harus melakukan pendidikan dan pelatihan Qiro’ati sehingga mendapatkan ijazah resmi yang bisa digunakan untuk mengajarkan metode Qiro’ati. Maka tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui metode apa yang digunakan, bagaimana proses pembelajarannya, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian dilaksanakan di Taman Pendidikan Al-Qur’an PAUDIT Al Hasanah Pagar Dewa Kota Bengkulu pada tanggal 5 Maret sampai dengan tanggal 5 April 2019. Subyek penelitian adalah kepala dan koordinator TPQ sendiri dan ustadzah TPQ PAUDIT Al Hasanah Pagar Dewa Kota Bengkulu. Informan penelitian adalah kepala TPQ PAUDIT Al Hasanah Pagar Dewa Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data yang dipakai yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk mengetahui keabsahan data menggunakan triangulasi metode. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Al-Qur’an dengan metode Qiro’ati dilaksanakan sebagai berikut, yaitu persiapan pembelajaran, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Persiapan pembelajaran meliputi materi tambahan berisi do’a sehari-hari dan hafalan surat pendek sesuai jilid santri kemudian penyiapan alat peraga yang berisikan materi pada halaman jilid Qiro’ati. Kegiatan belajar mengajar selama 60 menit dilakukan dalam 4 bagian yaitu materi tambahan (15 menit) praktek alat peraga (15 menit), pelaksanaan individual buku jilid Qiro’ati (30 menit). Faktor pendukung adanya sarana prasarana yang menunjang, sedangkan faktor penghambat yakni lingkungan keluarga dan kurangnya minat belajar anak. Kata Kunci: Peranan Tutor (Ustad/ Ustadzah), Pembelajaran Al Qur’an, Metode Qiro’ati.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Non-formal Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 25 Aug 2023 07:28
Last Modified: 25 Aug 2023 07:28
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14763

Actions (login required)

View Item View Item