TANGGUNG JAWAB PERUSAHAAN TRAVEL CV. ARA DALAM PERJANJIAN PENGANGKUTAN ORANG YANG MENGGUNAKAN KENDARAAN PRIBADI

Fitri, Hadayani Siregar and Slamet, Muljono and Edytiawarman, Edytiawarman (2022) TANGGUNG JAWAB PERUSAHAAN TRAVEL CV. ARA DALAM PERJANJIAN PENGANGKUTAN ORANG YANG MENGGUNAKAN KENDARAAN PRIBADI. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI - FITRI HADAYANI SIREGAR (B1A017066).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana tanggung jawab perusahaan travel CV. Ara apabila terjadi kerugian pada penumpang yang menggunakan tiket dan tidak menggunakan tiket. Serta bagaiman upaya penyelesaian masalah yang dilakukan perusahaan terhadap kerugian yang dialami oleh pengguna jasa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian empiris, yang mana penelitian dilakukan menganalisis masalah yang datanya diperoleh langsung dari lapangan. Pendekatan penelitian yang dilakukan yaitu pendekatan kualitatif deskriftip, artinya pendekatan dilakukan secara alamiah terjadi tanpa ada rekayasa dan diperoleh dalam bentuk deskripsi. Peneliti menentukan sampel dengan cara Quota sampling artinya peneliti memilih yang memiliki ciri-ciri tertentu dan menarik perhatian peneliti, yaitu 7 orang pengemudi yang 4 orang diantaranya melakukan pengangkutan sesuai aturan dan 3 orang melakukan pengangkutan tidak sesuai aturan. Data yang digunakan yaitu data primer yang diperoleh dari lapangan yang dikumpulkan dengan cara wawancara dan data skunder diperoleh dari kepustakaan. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) Tanggung jawab dari perusahaan Travel CV. Ara terhadap penumpang yaitu hanya diberikan kepada pengguna jasa yang menggunakan jasa secara resmi, jika menggunakan jasa secara tidak resmi maka tanggung jawabnya dibebankan kepada pengemudi. (2) Upaya penyelesaian masalah yang dilakukan oleh perusahaan CV. Ara yaitu kerugian yang berupa meninggal dunia dan cacat permanen diberikan ganti rugi berupa uang santunan, kerugian kerusakan dan kehilangan barang diberikan ganti rugi sesuai dengan kesepakatan yang diperoleh dari penyelesaian secara kekeluargaan. Upaya penyelesaian masalah dari perusahaan untuk penumpang tidak resmi hanya sebatas menjembatani penyelesaian masalah antar penumpang dengan pengemudi.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: irma rohayu
Date Deposited: 25 Aug 2023 03:10
Last Modified: 25 Aug 2023 03:10
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14766

Actions (login required)

View Item View Item