KETAATAN MASYARAKAT PADA HUKUM ADAT REJANG DALAM PELESTARIAN TAMAN WISATA ALAM BUKIT KABA (TWABK) DI KECAMATAN KABAWETAN KABUPATEN KEPAHIANG

Galih, Prasastyanto Mahardika and Emilia, Kontesa and Andry, Hariyanto (2022) KETAATAN MASYARAKAT PADA HUKUM ADAT REJANG DALAM PELESTARIAN TAMAN WISATA ALAM BUKIT KABA (TWABK) DI KECAMATAN KABAWETAN KABUPATEN KEPAHIANG. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
skirpsi galih.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Hukum adat masyarakat Rejang berlaku disetiap lini kehidupan masyarakat di tanahnya demi berlangsungnya tatanan masyarakat yang tertib sesuai dengan hukum adat. Aturan-aturan mengenai wilayah dan hutan adat Rejang yang diwariskan oleh nenek moyang masih diakui dan ditaati. Ketaatan itu dilakukan secara spontan otomatis. Dengan kata lain, pemberlakuan hukum negara pada wilayah adat Rejang tidaklah membuat masyarakat meninggalkan atau melupakan hukum masyarakat adat, salah satu contohnya menyangkut hutan larangan dan cadangan. Hal tersebut berlaku pula atas hukum mengenai wilayah dan hutan adat Rejang, salah satunya Taman Wisata Alam Bukit Kaba (TWABK). Penelitian ini bertujuan (1) untuk menjelaskan dan menggambarkan ketaatan masyarakat pada hukum Adat Rejang dalam pelestarian Taman Wisata Alam Bukit Kaba (TWABK) di Kecamatan Kabawetan, Kabupaten Kepahiang, serta (2) untuk menjelaskan dan menggambarkan penyelesaian perambahan hutan pada hukum Adat Rejang dalam pelestarian Taman Wisata Alam Bukit Kaba (TWABK) di Kecamatan Kabawetan, Kabupaten Kepahiang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian empiris di mana pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam dan pengumpulan data melalui studi kepustakaan. Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini yaitu: (1) hutan adat di kelola oleh masyarakat adat secara turun temurun di mana pengelolaan dan plestarian sumberdaya hutan di kelola dengan pola berbasis kemasyarakatan adat (kearifan local), dan (2) dalam pengelolaan hutan adat yang di kelola tidak hanya kayu saja tetapi juga memelihara apa yang terdapat di dalam hutan seperti: memelihara sumber mata air, memelihara situs-situs adat yang terdapat dalam hutan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: irma rohayu
Date Deposited: 25 Aug 2023 03:14
Last Modified: 25 Aug 2023 03:14
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14768

Actions (login required)

View Item View Item