KEANEKARAGAMAN,KELIMPAHAN,DAN SEBARAN JENIS FUNGI EKTOMIKORIZA DI RIZOSFER TEGAKAN PINUS (Pinus merkusii Jung. Et De Vriese) PADA KAWASAN HUTAN MADAPI KABUPATEN REJANG LEBONG

Nanda, Marita Khairunisya and Guswarni, Anwar and Abimanyu, Dipo Nusantara (2021) KEANEKARAGAMAN,KELIMPAHAN,DAN SEBARAN JENIS FUNGI EKTOMIKORIZA DI RIZOSFER TEGAKAN PINUS (Pinus merkusii Jung. Et De Vriese) PADA KAWASAN HUTAN MADAPI KABUPATEN REJANG LEBONG. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
Sidang skripsi FIXT.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Hutan MADAPI terdapat dalam Kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat terletak di Desa Pal VIII Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu dengan luas ±170h. Salah-satu jenis pepohonan yang mendominasi Hutan MADAPI adalah pohon pinus. Pinus merupakan tumbuhan yang memiliki nilai ekonomi penting karena dapat menghasilkan resin dan kayu yang baik. Pinus banyak digunakan sebagai tumbuhan reboisasi, karena pinus memiliki akar tunggang dengan sistem perakaran yang cukup kuat dan dapat tumbuh pada tanah dengan tekstur ringan sampai berat. Pinus biasanya berasosiasi dengan fungi untuk membantu proses pertumbuhannya. Mikoriza merupakan salah-satu jenis fungi yang bersifat simbiosis yang tidak selalu mutualistis sesuai dengan kepentingan jasad hidup yang bersimbiosis. Secara garis besar terdapat dua bentuk mikoriza yaitu Mikoriza Arbuskula dan Ektomikoriza. Mikoriza arbuskula merupakan jenis mikoriza yang hifanya dapat menembus dinding sel tanaman sedangkan ektomikoriza hifa funginya menyelubungi seluruh akar tumbuhan dan terdapat badan buah yang kebanyakan tumbuh di sekitar rizosfer tegakan pohon. Fungi ektomikoriza biasanya berasosiasi dengan tumbuhan tingkat tinggi salah-satunya adalah pohon pinus dengan ciri umum yang terlihat adanya sekelompok hifa fungi yang mengkolonisasi bagian perakaran pinus sehingga membuat akar seperti membengkak berwarna putih yang berperan dalam membantu menyerap unsur-unsur yang tidak dapat diserap secara langsung oleh pinus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman jenis,kelimpahan dan sebaran fungi ektomikoriza pada Hutan MADAPI Kabupaten Rejang Lebong. Penelitian ini menggunakan metode eksplorasi. Metode penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Ukuran plot yang digunakan berukuran 20x20m sebanyak 5 titik. Kemudian dalam plot 20x20m dibuat plot kecil ukuran 2x2m untuk mempermudah pengambilan sampel fungi ektomikoriza. Hasil penelitian fungi ektomikoriza di Hutan Madapi berhasil ditemukan ada 18 jenis fungi dari 14 suku fungi yang berbeda total ada 112 badan buah yang terletak di rizosfer IV V tegakan pinus dengan radius mulai dari 10-60,5 cm dari pohon inang. Keadaan tumbuhan bawah tegakan pinus kebanyakan ditumbuhi oleh jenis paku-pakuan, rerumputan,bambu dan jahe-jahean(kecombrang) dan tingkat keanekaragaman fungi ektomikoriza pada tegakan pinus Hutan MADAPI dikategorikan (sedang), kelimpahan jenis fungi ektomikoriza ada pada Rusulla sp.1 dan sebaran fungi ektomikoriza dikategorikan merata.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Forestry
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 25 Aug 2023 03:24
Last Modified: 25 Aug 2023 03:24
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14774

Actions (login required)

View Item View Item