CADANGAN KARBON ORGANIK TANAH PADA LAHAN PERKARANGAN DENGAN SISTEM AGROFORESTRI DI KELURAHAN SURABAYA KECAMATAN SUNGAI SERUT KOTA BENGKULU

Paka, Mutiara Anugrah and Wiryono, Wiryono and Deselina, Deselina (2021) CADANGAN KARBON ORGANIK TANAH PADA LAHAN PERKARANGAN DENGAN SISTEM AGROFORESTRI DI KELURAHAN SURABAYA KECAMATAN SUNGAI SERUT KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI.PAKA MUTIARA A.E1B017016.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar cadangan karbon organik tanah pada lahan perkarangan dengan sistem agroforestri di Kelurahan Surabaya, Kecamatan Sungai Serut, Kota Bengkulu dan menduga hubungan antara kandungan karbon organik tanah dan karakteristik tanah, yaitu bebrerapa sifat-sifat fisika, kimia dan biologi tanah yang lain dan biomassa seresah, tumbuhan bawah dan pohon di atasnya pada lahan perkarangan dengan sistem agroforestri di Kelurahan Surabaya, Kecamatan Sungai Serut, Kota Bengkulu Penelitian ini dilakukan pada bulan Juni 2020 sampai dengan Oktober 2021 bertempat di Kelurahan Surabaya, Kecamatan Sungai Serut, Kota Bengkulu dan Laboratorium Jurusan Ilmu Tanah, Fakultas Pertanian, Universitas Bengkulu. Metode pengumpulan data terdiri dari penentuan lokasi contoh, pembuatan plot, pengambilan contoh tanah dan pengambilan sample biomassa. Hasil penelitian menunjukkan kandungan karbon tanah setiap kedalaman tanag bervariasi. Jumlah cadangan karbon tanah pada lahan perkarangan dengan sistem agroforestri di Kelurahan Surabaya, Kecamatan Sungai Serut, Kota Bengkulu yaitu 23,60 ton/ha. Terdapat hubungan antara karbon organik tanah dengan beberapa karakterisktik tanah yaitu pasir. Saran penelitian ini karena pada lahan perkarangan dengan sistem agroforestri di Kelurahan Surabaya, Kecamatan Sungai Serut, Kota Bengkulu termasuk kategori rendah maka perlu dilakukan penambahan kandungan bahan organik tanah, dapat dilakukan melalui pemberian berbagai bentuk bahan organik ke dalam tanah baik melalui pemberian pupuk hijau, pupuk kandang, kompos, dan mulsa.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Forestry
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 25 Aug 2023 03:28
Last Modified: 25 Aug 2023 03:28
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14775

Actions (login required)

View Item View Item