ANALISIS PUTUSAN WANPRESTASI JUAL BELI PRODUK KECANTIKAN OLEH DISTRIBUTOR TERHADAP PT. MELILEA INTERNATIONAL INDONESIA (Perkara Nomor: 222/PDT/2019/PT.BDG)

Hanny, Filda Wibowo and Tito, sofyan and Joko, Susetyanto (2022) ANALISIS PUTUSAN WANPRESTASI JUAL BELI PRODUK KECANTIKAN OLEH DISTRIBUTOR TERHADAP PT. MELILEA INTERNATIONAL INDONESIA (Perkara Nomor: 222/PDT/2019/PT.BDG). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI HANNY FILDA WIBOWO_B1A017113.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Distributor yang melakukan wanprestasi pada suatu kegiatan usaha dalam bentuk penjualan langsung produk yang berpedoman terhadap Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia Nomor: 32/M/-Dag/Per/8/2008 tentang Penyelenggaraan Kegiatan Usaha Perdagangan Dengan Sistem Penjualan Langsung dan wanprestasi dilakukan dalam bentuk mengiklankan atau memasarkan produk milik penggugat melalui sistus online www.tokopedia.com. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pertimbangan hakim dalam memutus perkara tersebut sudah sesuai dengan hukum yang berlaku atau belum. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode penelitian studi kasus. Pendekatan kajian putusan dilakukan berdasarkan peraturan perundang-undangan dan pendekatan kasus. Bahan hukum yang digunakan adalah bahan hukum primer, sekunder dan tersier, dianalisis secara kualitatif berdasarkan putusan dan peraturan perundangan-undangan yang mengaturnya. Hasilnya akan disusun secara sistematis sehingga dapat menjawab permasalahan yang dikaji. Pertimbangan majelis hakim dalam menerima permohonan banding penggugat karena tindakan yang dilakukan tergugat I dan tergugat II jelas dalam bentuk tindakan wanprestasi terhadap perjanjian tertulis yang telah disepakati dalam menjalankan proses penjualan produk kecantikan yang mengacu pada Pasal 9 ayat (1) huruf c Undang�Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen tersebut menerangkan mengenai pelaku usaha dilarang menawarkan, mempromosikan, mengiklankan suatu barang dan/atau jasa secara tidak benar, dan/atau seolah-olah barang dan/atau jasa tersebut telah mendapatkan dan/atau memiliki sponsor persetujuan, perlengkapan tertentu, keuntungan tertentu, ciri-ciri kerja atau aksesoris tertentu. Dalam memutuskan kerugian yang timbul dari perbuatan ini seharusnya Hakim menguraikan semua pihak yang terlibat serta jumlah detail kerugian dan bentuk mekanisme pengganti kerugian serta batas waktu dalam bentuk menjalankan putusan hakim.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: irma rohayu
Date Deposited: 25 Aug 2023 03:37
Last Modified: 25 Aug 2023 03:37
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14779

Actions (login required)

View Item View Item