PELAKSANAAN PELATIHAN MENJAHIT PADA WARGA BELAJAR YANG HETEROGEN DI UPTD PELATIHAN KERJA KOTA BENGKULU (Jl. Merapi Raya Panorama Bengkulu No. 89 Kota Bengkulu)

Erizah, Tiarapris and Agus, Zainal Rachmat (2020) PELAKSANAAN PELATIHAN MENJAHIT PADA WARGA BELAJAR YANG HETEROGEN DI UPTD PELATIHAN KERJA KOTA BENGKULU (Jl. Merapi Raya Panorama Bengkulu No. 89 Kota Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
pelaksanaan pelatihan menjahit pada warga belajar yang heterogen di uptd pelatihan kerja kota bengkulu.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif bersifat deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran tentang kondisi pelaksanaan pelatihan menjahit pada warga belajar yang heterogen mengenai tujuan pelatihan, bahan ajar, media, metode, teknik, dan evaluasi pembelajaran. Partisipan pada penelitian ini adalah kepala kasubbag tata usaha, instruktur dan warga belajar pelatihan menjahit. Penelitian ini dilakukan di UPTD Pelatihan Kerja Kota Bengkulu pada tanggal 10 s.d. 31 maret 2020. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi, data dianalisis dan divalidasi menggunakan teknik validitas data yaitu trianggulasi. Dari hasil penelitian diketahui tujuan pelatihan menjahit pada warga belajar yang heterogen tidak berbeda, setelah mengikuti pelatihan warga belajar kompeten dalam hal menjahit celana, kemeja, rok dan blus. Bahan ajar yang digunakan instruktur pada warga belajar yang heterogen tidak berbeda yaitu modul dan buku informasi berbasis kompetensi. Media pembelajaran yang digunakan instruktur pada warga belajar yang heterogen tidak berbeda yaitu menggunakan papan tulis, produk baju, alat peraga patung dami dan mesin jahit. Metode pembelajaran yang diterapkan instruktur pada warga belajar yang heterogen berbeda, menerapkan metode pembelajaran pengajaran kelompok dengan teknik pembelajaran pembinaan partisipatif. Evaluasi pembelajaran dilakukan dengan melaksanakan ujian kompetensi dan ujian praktek menjahit. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pelatihan menjahit pada warga belajar yang heterogen di UPTD Pelatihan Kerja Kota Bengkulu, instruktur pelatihan menjahit hanya menerapkan metode dan teknik yang berbeda. Kata kunci : pelatihan menjahit, warga belajar, heterogen.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Non-formal Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 25 Aug 2023 07:29
Last Modified: 25 Aug 2023 07:29
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14784

Actions (login required)

View Item View Item