KEBERHASILAN PENGUSAHA BISNIS KOMPUTER DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN (Studi Kasus Pada Usaha Toko Sinar Karya Computer Kota Manna)

Putri, Usbemi dwi and M., Ilham Abdullah (2020) KEBERHASILAN PENGUSAHA BISNIS KOMPUTER DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN (Studi Kasus Pada Usaha Toko Sinar Karya Computer Kota Manna). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
KEBERHASILAN PENGUSAHA BISNIS KOMPUTER DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan keberhasilan pengusaha bisnis komputer di Kota Manna, subjek dalam penelitian ini sebanyak tiga orang. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan teknik trianggulasi. Hasil penelittian menunjukan bahwa pertama, adanya wujud keberhasilan yang diperoleh selama menjalankan usaha bisnis komputer berupa aset seperti ruko, mobil dan motor serta memperoleh popularitas serta manfaat membangun system perekonomian di sekitarnya. Kedua, perolehan pendidikan keterampilan berwirausaha komputer di dapatkan pemilik secara otodidak dengan cara belajar dari pengalaman, aktif bertanya dan memperhatikan serta rajin membaca buku maupun mencari info dari sosmed. Ketiga, upaya pengembangan yang dilakukan yaitu dengan meningkatkan kinerja pegawai, menjalin kerjasama dan komunikasi yang baik dengan reseller maupun pelanggan secara umum dan melakukan promosi. Keempat, kendala yang dihadapi seperti pelanggan yang tidak tepat waktu dalam membayar hutang dan kurang profesionalnya karyawan dalam menghadapi berbagai macam sifat pelanggan. Kelima, solusi yang dilakukan untuk menghadapi masalah yang ada yaitu dengan cara belajar dari pengalaman, lebih selestif dalam mempercayai pelanggan, dan tidak hentinya untuk belajar lebih baik dari sebelumnya. Kata Kunci : Keberhasilan, Pengusaha, Bisnis, Komputer, Pendapatan

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Non-formal Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 25 Aug 2023 07:31
Last Modified: 25 Aug 2023 07:31
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14785

Actions (login required)

View Item View Item