PELAKSANAAN PROGRAM KESETARAAN PAKET B OLEH PKBM ILMU BUNDA DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK BENTIRING (STUDI KASUS LPKA KELAS II KOTA BENGKULU)

Marvani, Yulisa Fitri and Agus, Zainal R (2020) PELAKSANAAN PROGRAM KESETARAAN PAKET B OLEH PKBM ILMU BUNDA DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK BENTIRING (STUDI KASUS LPKA KELAS II KOTA BENGKULU). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
REVISII 1-5 & Lampiran.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan program kesetaraan paket B oleh PKBM Ilmu Buda di Lembaga Pembinaan Khusus Anak. Sedangkan secaara khususnya ialah mendeskripsikan tujuan pembelajaran dalam program Paket B, mendeskripsikan materi/ bahan ajar dalam program Paket B , mendeskripsikan Metode apa yang digunakan dalam program Paket B, mendeskripsikan media pembelajaran yang digunakan dalam program Paket B, mendeskripsikan evaluasi pembelajaran yang digunakan dalam program Paket B. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan dat yang bersifat deskriptif. Analisis data pada penelitian ini dengan menggunakan tiga cara yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi pengambilan keputusan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) berdasarkan temuan penelitian dilapangan dan teori yang ada peneliti mengambil kesimpulan bahwa tujuan pembelajaran dalam program Paket B di LPKA kelas II Bentiring Kota Bengkulu peserta didik mendapatkan Ilmu pengetahuan keterampilan dengan sarana dan prasarana yang mendukung dan memadai, peserta didik yang sudah mengikuti proses pembelajaran juga bisa mendapatkan Ijazah salah satu dokumen untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi lagi. (2) berdasarkan temuan penelitian dilapangan dan teori yang ada, peneliti menyimpulkan bahwa materi/ bahan ajar dalam program Paket B menggunakan buku cetak dan modul yang disusun langsung oleh kemendikbud dengan kurikulum 13. Bahan ajar yang digunakan oleh tutor dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada peserta itu berbeda dengan penyampaian materi kepada anak yang diluar LPKA. (3) berdasarkan temuan peneliti dilapangan dan teori yang ada, peneliti dapat menyimpulkan bahwa Metode apa yang digunakan dalam program Paket B menggunakan Merode tanya jawab, ceramah, tatap muka tutorial dan mandiri. (4) berdasarkan temuan penelitian dilapangan dan teori yang ada, peneliti menyimpulkan media pembelajaran yang digunakan dalam program Paket B menggunakan media pembelajaran papan tulis , dan media buku cetak, modul. (5) berdasarkan temuan penelitian dilapangan dan teori yang ada, peneliti menyimpulkan evaluasi pembelajaran yang digunakan dalam program Paket B melaksanakan evaluasi pembelajaran menggunakan tes tertulis, seperti ulngan harian, ualangan akhir semseter. Kata Kunci :Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat, Kesetaraan, Paket B.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Non-formal Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 25 Aug 2023 07:31
Last Modified: 25 Aug 2023 07:31
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14786

Actions (login required)

View Item View Item