KEDUDUKAN APARAT PENGAWASAN INTERN PEMERINTAH DALAM PROSES BERACARA BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 30 TAHUN 2014 TENTANG ADMINISTRASI PEMERINTAHAN

IBNU, KARIM and Jonny, Simamora and Ahmad, Wali (2022) KEDUDUKAN APARAT PENGAWASAN INTERN PEMERINTAH DALAM PROSES BERACARA BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 30 TAHUN 2014 TENTANG ADMINISTRASI PEMERINTAHAN. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI - IBNU KARIM (B1A015135).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Badan dan/atau Pejabat Pemerintahan yang merasa dirugikan oleh hasil pengawasan Aparat Pengawasan Intern Pemerintah dapat mengajukan permohonan yang berisi tuntutan agar Keputusan dan/atau Tindakan Pejabat Pemerintahan dinyatakan ada atau tidak ada unsur penyalahgunaan wewenang. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji, memahami serta mengetahui siapa para pihak dalam penilaian unsur penyalahgunaan wewenang dan dimana kedudukan Aparat Pengawasan Intern Pemerintah serta apakah Aparat Pengawasan Intern Pemerintah dapat dimintai pertanggungjawaban hukum berkenaan dengan permohonan penilaian unsur penyalahgunaan wewenang yang dimohonkan oleh Pejabat Pemerintahan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian hukum normatif yaitu berupa penelitian kepustakaan dengan menggunakan pendekatan perundang-undangan dan peraturan lainnya. Selanjutnya mengumpulkan bahan hukum melalui media online dan offline, lalu dianalisis menggunakan metode yuridis kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pejabat Pemerintahan sebagai pihak pemohon dan Aparat Pengawasan Intern Pemerintah sebagai pihak termohon. Adapun bentuk pertanggungjawaban Aparat Pengawasan Intern Pemerintah adalah dengan didudukkan sebagai termohon. Dalam hal Putusan Pengadilan menyatakan tidak ada unsur penyalahgunaan wewenang maka Aparat Pengawasan Intern Pemerintah dapat dikenakan hukuman disiplin sedang berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 94 Tahun 2021 Tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: irma rohayu
Date Deposited: 25 Aug 2023 09:18
Last Modified: 25 Aug 2023 09:18
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14820

Actions (login required)

View Item View Item