DIMENSI TUBUH PEDET SAPI BALI YANG DIBERI PAKAN HIJAUAN RUMPUT GAJAH CV. TAIWAN (Pennisetum purpureum cv.Taiwan ) DAN GAMAL (Gliricidia sepium)

Arie, Riska and Nurmeiliasari, Nurmeiliasari and Amir, Husaini Karim Amrullah (2021) DIMENSI TUBUH PEDET SAPI BALI YANG DIBERI PAKAN HIJAUAN RUMPUT GAJAH CV. TAIWAN (Pennisetum purpureum cv.Taiwan ) DAN GAMAL (Gliricidia sepium). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
Draft_Skripsi_Arie Riska (E1C017089).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

bahan populasi, pola hidup masyarakat yang mulai sadar akan pentingnya gizi, dan tingkat pendapatan masyarakat. Pemberian pakan mempengaruhi pertumbuhan ternak dan pada pedet pertumbuhan juga dipengaruhi oleh perkembangan rumen. Oleh karena itu, diperlukan pakan yang mampu menstimulasi perkembangan rumen pedet sapi Bali. Pakan berserat berupa rumput gajah cv.Taiwan sangat baik untuk merangsang tumbuh kembang rumen, selain itu pemberian legum daun gamal yang memiliki kandungan nutrisi yang baik juga diperlukan pedet dalam memenuhi kecukupan nutrisi dalam tubuh. Pengukuran dimensi tubuh merupakan salah satu faktor yang dijadikan tolak ukur untuk mengetahui pertumbuhan pedet sapi Bali. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian pakan hijauan rumput gajah cv.Taiwan (Pennisetum purpureum cv.Taiwan) dan gamal (Gliricidia sepium) terhadap pertambahan dimensi tubuh pedet sapi Bali. Penelitian ini dilakukan pada bulan September sampai November 2020 di Kandang UPTD BPHPT Provinsi Bengkulu. Penelitian ini menggunakan delapan ekor pedet sapi Bali. Yang dibagi kedalam 2 perlakuan. Perlakuan P1=Konsentrat 60% + Rumput Gajah cv.Taiwan (Pennisetum purpureum cv.Taiwan) 40%, P2=Konsentrat 60% + Rumput Gajah cv.Taiwan (Pennisetum purpureum cv.Taiwan) 20%+Gamal (Gliricidia sepium) 20%. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan berpengaruh tidak nyata terhadap konsumsi pakan bulan 1, bulan 2, dan selama 2 bulan secara berurutan pada P1 adalah 1,15 kg/ekor/hari, 1,38 kg/ekor/hari, dan 1,26 kg/ekor/hari. Sedangkan pada pengukuran P2 konsumsi pakan bulan 1, bulan 2, dan selama 2 bulan secara berurutan adalah 0,93 kg/ekor/hari, 1,12 kg/ekor/hari, dan 1,03 kg/ekor/hari. Hasil berpengaruh tidak nyata terhadap lingkar dada, panjang badan, lebar pinggul dan tinggi gumba pada pengukuran selama 2 bulan secara berurutan pada P1 adalah 86,87 cm, 58,79 cm, 25,25 cm, dan 74,29 cm. Sedangkan pada pengukuran P2 hasil pengukuran lingkar dada, panjang badan, lebar pinggul dan tinggi gumba yang didapatkan secara berurutan adalah 78,50 cm, 56,62 cm, 10,50 cm, 23,75 cm, dan 74,25 cm. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa pemberian pakan hijauan berupa rumput gajah cv.Taiwan dan gamal terhadap dimensi tubuh pedet sapi Bali memiliki pertambahan dimensi yang sama.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Animal Science
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 28 Aug 2023 01:39
Last Modified: 28 Aug 2023 01:39
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14827

Actions (login required)

View Item View Item