PENGARUH PEMBERIAN LUMPUR SAWIT YANG DIFERMENTASI OLEH JAMUR TIRAM PUTIH (Pleurotus ostreatus) TERHADAP KECERNAAN BAHAN KERING DAN BAHAN ORGANIK RANSUM SAPI POTONG

Dewi, Anggini and Irma, Badarina and Endang, Sulistyowati (2021) PENGARUH PEMBERIAN LUMPUR SAWIT YANG DIFERMENTASI OLEH JAMUR TIRAM PUTIH (Pleurotus ostreatus) TERHADAP KECERNAAN BAHAN KERING DAN BAHAN ORGANIK RANSUM SAPI POTONG. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI DEWI ANGGINI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Pakan merupakan salah satu komponen penting dalam usaha peternakan. Namun para peternakan dihadapkan dengan persoalan pakan dimana harganya yang mahal dan ketersediaan yang kurang di pasaran. Untuk itu perlu dicari alternatif untuk pakan ruminansia yang berkualitas, harga terjangkau, memiliki nutrisi yang baik, serta yang tidak bersaing dengan kebutuhan masyarakat. Salah satu alternatifnya dengan memanfaatkan lumpur sawit. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kecernaan bahan kering dan bahan organik pada ransum sapi Bali yang mendapat konsentrat lumpur sawit yang telah difermentasi dengan jamur tiram putih (Pleurotus ostreatus). Rancangan yang digunakan adalah rancangan bujur sangkar latin (RBSL) yang terdiri dari 4 perlakuan dan 4 ulangan dimana setiap periode penelitian berlangsung selama 19 hari yang terdiri dari 14 hari masa pendahuluan dan 5 hari periode koleksi data. Perlakuan yang digunakan adalah sebagai berikut P0 (100% rumput), P1 (60% rumput + 40% dedak), P2 (60% rumput + 40% lumpur sawit fermentasi), P3 = 60% rumput + 40% lumpur sawit tanpa fermentasi). Penelitian ini dilakukan selama ± 8 bulan yang diawali dari persiapan pakan dari bulan Maret-Juni, perlakuan pada ternak pada bulan Juli ‒ Sepember 2020 , dan analisis kimia sampel pada bulan September ‒ Oktober 2020. Penelitian dilakukan di beberapa tempat yaitu di rumah jamur Raflesia sebagai tempat percobaan fermentasi dan inokulasi jamur, Laboratorium Jurusan Peternakan dan Commercial Zone and Animal Laboratory (CZAL) jurusan Peternakan Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu sebagai tempat dilakukannya analisa awal kadar BK dan BO sampel dan sebagai tempat dilakukannya penelitian pada ternak, analisis proksimat sampel dilakukan di Balai Penelitian Ternak Ciawi Bogor. Hasil dari penelitian ini pemberian ransum berbasis konsentrat lumpur sawit yang difermentasi dengan Pleurotus ostreatus berpengaruh nyata (P<0.05) terhadap kecernaan bahan kering dan bahan organik, dengan memiliki kecernaan bahan kering 49,72 ± 8,57% sedangkan bahan organik 51,02 ± 9,05%. Kesimpulan penelitian ini pemberian ransum dengan konsentrat berbasis lumpur sawit fermentasi memiliki nilai kecernaan bahan kering dan bahan organik yang setara dengan dedak padi.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Animal Science
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 28 Aug 2023 01:45
Last Modified: 28 Aug 2023 01:45
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14829

Actions (login required)

View Item View Item